Hari Dokter Nasional dan Tantangan Dokter Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 25/10/2020, 11:11 WIB
Ilustrasi dokter dan perawat. Dokter dan perawat adalah profesi yang tidak dapat tergantikan dengan kemajuan digitalisasi. FREEPIKIlustrasi dokter dan perawat. Dokter dan perawat adalah profesi yang tidak dapat tergantikan dengan kemajuan digitalisasi.

KOMPAS.com - Ikatan Dokter Indonesia ( IDI) memperingati HUT ke-70 pada 24 Oktober 2020.

Banyak yang memaknai HUT IDI ini sebagai Hari Dokter Nasional.

Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar (PB) IDI dan Ketua Terpilih PB IDI, dr Adib Khumaidi, SpOT, mengungkapkan, meski HUT IDI kerap dimaknai sebagai Hari Dokter Nasional, tetapi belum tercatat resmi secara nasional.

"Kami berharap 24 Oktober ini diresmikan oleh negara sebagai Hari Dokter Nasional, seperti 20 Mei yang diperingati sebagai Hari Bhakti Dokter," kata Adib, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/10/2020).

Di tengah situasi pandemi virus corona, tantangan dihadapi para dokter yang menjadi garda terdepan.

Mereka melakukan tugasnya di tengah ancaman terpapar virus. Lebih dari 130 orang dokter meninggal dunia karena terinfeksi virus corona.

Seperti apa refleksi dari Hari Dokter Nasional tahun ini dan seperti apa tantangan yang dihadapi para dokter?

Menurut Adib, saat ini dunia kedokteran sedang berada dalam situasi yang lebih kompleks.

"IDI dan seluruh anggota para dokter ikatan di seluruh Indonesia dihadapkan pada kondisi lompatan teknologi, perubahan lingkungan dan pandemi Covid-19 ini yang membutuhkan kehadiran sebuah sistem kerja baru," ujar Adib.

Baca juga: Hari Dokter Nasional, Bagaimana Sejarahnya?

Adib menyebutkan, adaptasi kebiasaan baru dalam menjalankan profesi juga menjadi bagian dari profesional ketahanan dan pertahanan profesi dalam upaya perlindungan dan keselamatan tenaga kesehatan (nakes).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X