Rencana Vaksinasi November, Epidemiolog: Belum Ada Vaksin Corona yang Penuhi Aspek Keamanan

Kompas.com - 24/10/2020, 06:29 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. (DOK. KOMINFO) Ilustrasi vaksin Covid-19. (DOK. KOMINFO)

KOMPAS.com- Pemerintah berencana memulai vaksinasi virus corona massal pada awal bulan November 2020.

Diberitakan Kompas.com, 15 Oktober 2020, Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan sekitar 6,6 juta dosis vaksin dari China tiba di Indonesia bulan depan.

Vaksin yang dipesan itu adalah produksi Sinovac, G42/Sinopharm, CanSino Biologics.

Terkait rencana tersebut, Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman, mengingatkan vaksinasi baru bisa dilakukan setelah mendapat kepastian lulus uji fase tiga secara sempurna.

Sebab, uji coba vaksin virus corona secara sempurna akan memberikan jaminan keamanan, bahwa vaksin tersebut memiliki manfaat lebih besar daripada risiko atau efek sampingnya.

"Aspek keamanan itu syarat wajib yang tidak bisa diabaikan, karena vaksin ini akan diberikan pada orang sehat," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Vaksinasi Corona Ditargetkan November, Ini 5 Rekomendasi PB IDI

"Saat ini belum ada satu pun vaksin di dunia ini yang memenuhi aspek keamanan, dan selesai uji coba fase tiganya," lanjutnya.

Menurutnya, vaksinasi dengan menggunakan mekanisme emergency use authorization (EUA) tetap tak boleh mengabaikan aspek keamanan.

Setidaknya, harus ada bukti awal atau bukti yang ada sudah cukup untuk memberikan jaminan keamanan.

Dicky mengatakan, vaksinasi yang tidak memiliki argumentasi ilmiah kuat dalam aspek keamanan berdasarkan pengujian, maka akan berisiko besar.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X