WHO dan Wikimedia Foundation Berkolaborasi Cegah Misinformasi

Kompas.com - 23/10/2020, 16:01 WIB
WHO dan Wikimedia Foundation bekerja sama mencegah sebaran misinformasi seputar kesehatan masyarakat terkait Covid-19. WHO/TwitterWHO dan Wikimedia Foundation bekerja sama mencegah sebaran misinformasi seputar kesehatan masyarakat terkait Covid-19.

KOMPAS.com - Badan kesehatan dunia WHO dan pengelola Wikipedia, Wikimedia Foundation, berkolaborasi dalam memperluas akses publik terhadap informasi seputar kesehatan terkait Covid-19.

Informasi yang disediakan berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike. Melalui kolaborasi ini, setiap orang dapat mengakses dan membagikan infografis, video, dan informasi kesehatan lainnya dari WHO di Wikimedia Commons.

Wikimedia Commons adalah perpustakaan digital gambar dan multimedia lainnya yang disediakan secara cuma-cuma.

Lebih dari 250.000 editor sukarelawan Wikipedia juga dapat membangun dan memperluas Wikimedia Common yang saat ini menawarkan lebih dari 5.200 artikel terkait virus corona dalam 175 bahasa.

Konten WHO pun akan diterjemahkan ke seluruh bahasa nasional dan regional melalui jaringan relawan global Wikipedia.

Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, akses yang adil ke informasi kesehatan yang terpercaya sangat penting untuk memastikan bahwa setiap orang tetap aman dan mendapat informasi selama pandemi Covid-19.

"Kolaborasi baru kami dengan Wikimedia Foundation akan meningkatkan akses ke informasi kesehatan yang dapat diandalkan dari WHO di berbagai negara, bahasa, dan perangkat," kata Dr. Tedros dalam situs web WHO, Kamis (22/10/2020).

Sejak awal pandemi, WHO telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah infodemik. Infodemik diartikan sebagai keberlimpahan informasi dan penyebaran cepat berita, gambar, dan video yang menyesatkan atau dibuat-buat.

Cegah Infodemik 

Editor Wikipedia berada di garis depan dalam mencegah penyebaran informasi yang salah seputar virus corona. Mereka akan memastikan bahwa informasi tentang pandemi berdasarkan pada sumber yang dapat dipercaya dan diperbarui secara berkala di Wikipedia.

Dengan membuat informasi terverifikasi seputar pandemi di Wikipedia, Wikipedia membantu tujuan WHO dalam mencegah infodemik dan memastikan semua orang dapat mengakses informasi kesehatan masyarakat yang tepat.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X