Studi: Plasma Darah Tak Beri Banyak Manfaat dalam Pengobatan Covid-19

Kompas.com - 23/10/2020, 15:02 WIB
China menemukan salah satu cara menyembuhkan infeksi virus corona, yakni dengan plasma darah bekas penderitanya Shutterstock.comChina menemukan salah satu cara menyembuhkan infeksi virus corona, yakni dengan plasma darah bekas penderitanya
|

KOMPAS.com – Sebuah uji klinis di India menunjukkan pengobatan virus corona menggunakan plasma darah pasien yang telah pulih tidak banyak memberikan manfaat bagi pasien Covid-19.

Uji klinis tersebut diterbitkan di British Medical Journal (BMJ) pada Jumat (23/10/2020), sebagaimana diberitakan Reuters.

Penelitian itu menunjukkan plasma yang berisi antibodi dari pasien Covid-19 tidak menunjukkan efek signifikan dalam mengurangi tingkat kematian atau menghentikan perkembangan Covid-19 yang parah.

Temuan tersebut berasal dari studi yang dilakukan terhadap 400 pasien Covid-19 yang tengah dirawat di rumah sakit.

Selama ini, Amerika Serikat (AS) dan India telah mengesahkan plasma darah sebagai terapi pemulihan pasien Covid-19 dalam penggunaan darurat.

Baca juga: 4 RS Indonesia Mulai Uji Klinis Terapi Plasma Darah untuk Pasien Corona

Sementara di negara lain, termasuk Inggris, tengah mengumpulkan sumbangan plasma sehingga nantinya dapat diluncurkan secara luas jika terbukti efektif.

"Percobaan dapat menunjukkan efek kecil pada tingkat di mana pasien dapat terbebas dari virus, tetapi ini tidak cukup untuk meningkatkan pemulihan mereka dari penyakit," kata Simon Clarke, ahli mikrobiologi seluler di Univesity of Reading.

Secara singkat, ia menyampaikan tidak ada manfaat klinis plasma covalen bagi kesembuhan pasien.

Para peneliti India mendaftarkan 464 orang dewasa yang dikonfirmasi positif Covid-19 dan dirawat di rumah sakit di seluruh India, antara April dan Juli.

Selanjutnya, secara acak mereka dibagi menjadi dua kelompok, dengan satu kelompok menerima dua transfusi plasma selang 24 jam dan mendapatkan perawatan standar terbaik.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X