Libur Panjang Diimbau Tak Mudik, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Jika Ingin Liburan?

Kompas.com - 23/10/2020, 14:31 WIB
Ilustrasi liburan Dmitry Galaganov/ShutterstcokIlustrasi liburan
|

KOMPAS.com – Akhir Oktober 2020 menjadi momentum libur panjang bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Libur panjang ini akibat adanya cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 dan 30 Oktober 2020.

Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada 29 Oktober 2020, sedangkan 31 Oktober dan 1 November adalah akhir pekan.

Terkait libur panjang ini, sejumlah pihak, termasuk Presiden Joko Widodo, mengingatkan supaya masyarakat tetap waspada mengingat Indonesia masih menghadapi pandemi virus corona.

"Mengingat kita memiliki pengalaman kemarin, libur panjang yang pada satu setengah bulan yang lalu mungkin, setelah itu terjadi kenaikan yang agak tinggi," ucap Jokowi dikutip dari Kompas.com, 19 Oktober 2020.

Terkait dengan adanya masa libur panjang ini, pakar epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, juga mengingatkan situasi pandemi di Indonesia masih belum terkendali dengan baik.

“Prevalensi yang relatif tinggi artinya perlu kesadaran dan peran masyarakat untuk menekan kecepatan penyebaran dan mencegah juga terjadinya penularan,” kata Dicky dihubungi Kompas.com Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Libur Panjang Akhir Oktober, Ini Saran Epidemiolog untuk Cegah Lonjakan Corona

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19, menurut Dicky, adalah masyarakat mengurangi dan membatasi mobilitas.

Artinya, jika tidak sangat perlu, sebaiknya tetap berada di rumah.

Lalu, apabila memiliki kegiatan bersama dengan keluarga, sebaiknya hal tersebut dilakukan di tempat yang masih satu wilayah dengan tempat tinggal.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X