BPOM AS Setujui Pemberian Remdesivir untuk Pasien Covid-19 di Rumah Sakit

Kompas.com - 23/10/2020, 10:02 WIB
Obat Covid-19 Remdesivir. REUTERS via BBC INDONESIAObat Covid-19 Remdesivir.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Obat antiviral remdesivir mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat ( FDA) untuk diberikan kepada pasien positif virus corona yang dirawat di rumah sakit.

Diberitakan CNA, Jumat (23/10/2020), penyetujuan FDA tersebut diberikan terhadap obat produksi Gilead Sciences itu pada Kamis (22/10/2020).

Persetujuan ini menjadikan remdesivir sebagai obat pertama dan satu-satunya yang disetujui untuk penyakit Covid-19 di AS.

Remdesivir diberikan secara intravena, yang merupakan salah satu obat pada pengobatan Covid-19 Presiden AS Donald Trump.

Remdesivir telah tersedia di bawah otorisasi penggunaan darurat FDA sejak Mei 2020, setelah sebuah studi yang dipimpin National Institutes of Health menunjukkan bahwa obat ini mengurangi masa tinggal orang yang terinfeksi virus di rumah sakit.

Baca juga: Update Corona Dunia: 41,9 Juta Infeksi, 1,41 Juta Meninggal | Eropa Laporkan Kasus Baru Harian 2 Kali Lipat

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, uji coba global menemukan bahwa remdesivir tak memiliki efek substansial pada lamanya pasien dirawat di rumah sakit atau kemungkinan bertahan hidup. Studi tersebut belum ditinjau para ahli lainnya.

Melansir Reuters, Jumat (23/10/2020), Gilead mempertanyakan potensi bias dalam studi WHO.

Remdesivir, yang akan dijual dengan merek dagang Veklury, dibanderol 3.120 dollar AS untuk pengobatan lima hari atau 2.340 dollar AS bagi pemerintah, seperti Departemen Urusan Veteran.

Sementara itu, saham Gilead naik 4,3 persen menjadi 63,30 dollar AS.

Remdesivir telah menjadi standar perawatan untuk pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 parah, meski belum terbukti meningkatkan kelangsungan hidup.

Baca juga: Studi WHO: Remdesivir Tak Miliki Efek Substansial pada Peluang Hidup Pasien Covid-19

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X