Ahli: Wanita Berusia 50-60 Tahun Berisiko Tertinggi Alami Covid-19 Lebih Lama

Kompas.com - 22/10/2020, 09:32 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri, klaster keluarga Shutterstock/Alona FotoIlustrasi isolasi mandiri, klaster keluarga

KOMPAS.com - Para ahli memperingatkan bahwa wanita berusia 50-60 tahun berada pada risiko tertinggi mengalami infeksi Covid-19 yang lama.

Usia lanjut dan mengalami lima gejala atau lebih pada pekan pertama terinfeksi virus corona, juga dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan yang bertahan lama.

Studi yang dipimpin Dr Claire Steves dan Prof Tim Spector di King's College London menganalisis data dari 4.182 pengguna aplikasi COVID Symptom Study yang secara konsisten mencatat kesehatan mereka yang dinyatakan positif terpapar virus.

Secara umum, wanita dua kali lebih mungkin menderita gejala Covid-19 yang berlangsung lebih dari sebulan dibandingkan pria.

Baca juga: Diklaim Aman, Vaksin Corona CNBG China Ditawarkan Gratis bagi Pelajar

Bertambahnya usia juga dikaitkan dengan peningkatan risiko Covid-19, dengan sekitar 22 persen orang berusia di atas 70 tahun menderita penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 selama empat minggu atau lebih, daripada dengan 10 persen orang berusia 18-49 tahun.

Sementara itu, wanita berusia 50-60 tahun, delapan kali lebih mungkin mengalami gejala virus corona yang bertahan lama dibandingkan dengan yang berusia 18-30 tahun.

Namun, perbedaan terbesar antara pria dan wanita terlihat di antara mereka yang berusia 40-50 tahun, di mana wanita berisiko terkena virus corona yang lama dari pria.

"Ini merupakan pola yang mirip dengan apa yang dilihat pada penyakit autoimun," ujar Spector seperti dikutip dari The Guardian, 21 Oktober 2020.

Baca juga: Studi WHO: Remdesivir Tak Miliki Efek Substansial pada Peluang Hidup Pasien Covid-19

Lebih lanjut, beberapa penyakit seperti reumatoid arthritis, tiroid, dan lupus, ditemukan dua hingga tiga kali lebih sering terjadi pada wanita sampai sebelum mengalami menopause.

Adanya perbedaan gender dalam cara sistem kekebalan merespons virus diduga dapat menjelaskan hal ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X