Kedaulatan Kearifan Kesehatan Nasional

Kompas.com - 22/10/2020, 09:13 WIB
Ilustrasi jamu Shutterstock/Elizaveta GalitckaiaIlustrasi jamu


DI tengah gelora semangat ikut berperan-serta dalam perjuangan melawan angkara murka Covid-19, para pencinta jamu, pengusaha jamu dan penyehat tradisional Indonesia berterimakasih kepada Prof DR Agus Purwadianto beserta tim yang sedang gigih berjuang menyusun undang-undang jamu demi meletakkan jamu sebagai warisan mahakarya peradaban kesehatan leluhur Nusantara pada posisi terhormat sebagai tuan di negeri sendiri.

Saintifikasi

Sistem kesehatan nasional Indonesia menganut sistem tunggal yaitu sistem kesehatan Barat dengan para dokter dan obat farmasi berdasar mazhab saintifikasi Barat.

Sistem kesehatan nasional Indonesia beda dari China yang menganut sistem ganda terdiri dari sistem kesehatan Barat dengan para dokter dan obat farmasi berdasar mazhab sainfikasi Barat yang secara tegas terpisah dari sistem kesehatan tradisional China dengan para shin-she serta obat tradisional China berdasar mazhab saintikasi China yang berdaulat mandiri.

Harkat dan martabat saintifikasi Barat berdasar peradaban Barat setara harkat dan martabat saintifikasi China berdasar peradaban China tanpa ada yang lebih mau pun kurang satu dengan lainnya.

Obat farmasi Barat tidak perlu dibuktikan berdasar uji-empiris standar saintifikasi China sementara obat tradisional China juga tidak perlu dibuktikan melalui uji-klinis standar santifikasi Barat.

Baik obat tradisional Barat dan obat tradisional China mempersembahkan karsa dan karya pelayanan kesehatan melalui jalur masing-masing tanpa saling mengganggu satu dengan lainnya.

Bahkan secara khusus pemerintah Republik Rakyat China melindungi warisan peradaban kesehatan bangsa China dari pelecehan dengan menghadirkan Undang-Undang Anti Pelecehan terhadap obat tradisional sebagai warisan mahakarya peradaban kesehatan China.

Bangsa China memang tidak menutup diri terhadap peradaban asing namun tidak merelakan warisan leluhur bangsa mereka sendiri untuk dilecehkan oleh warisan leluhur bangsa asing mana pun juga.

Obat tradisional China berhasil berjaya menjadi tuan di negeri sendiri sebab tidak ada warga China sudi menjadi agen bangsa asing.

Bahkan atas dukungan diaspora warga China yang tersebar di seluruh dunia maka obat tradisional berhasil mendunia tanpa terhambat supremasi obat farmasi sebagai obat tradisional Barat yang terlebih dahulu sudah berhasil mendunia melalui jalur kolonialisme bangsa-bangsa Eropa di berbagai pelosok dunia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X