WHO Ingatkan Pentingnya Karantina untuk Kendalikan Pandemi Corona

Kompas.com - 21/10/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi karantina virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi karantina virus corona, Covid-19

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) kembali mengingatkan pentingnya pemberlakuan karantina untuk melawan pandemi virus corona yang masih berlangsung hingga kini.

Dengan lonjakan kasus yang kembali terjadi di wilayah Eropa dan Amerika utara, WHO mengimbau perlunya karantina untuk orang-orang yang melakukan kontak dengan kasus positif.

Direktur Program Kedaruratan WHO Michael Ryan menghubungkan tingkat transmisi yang meningkat di belahan bumi bagian utara dengan kegagalan implementasi langkah vital ini.

"Saya tidak yakin bahwa itu (karantina) telah diberlakukan secara sistematis di mana pun," kata Ryan dalam sebuah konferensi pers virtual seperti dikutip dalam laporan AFP, Selasa (20/10/2020).

Menurut dia, karena itulah, tingginya angka kasus baru kembali bermunculan.

Baca juga: Sempat Dihentikan, Uji Coba Vaksin Corona AstraZeneca Akan Dilanjutkan

Harapan

Ryan mengatakan, sekitar separuh dari 48 negara dalam lingkup badan kesehatan PBB di wilayah Eropa telah menunjukkan peningkatan kasus sebanyak 50 persen secara kasar dalam minggu terakhir. 

Namun demikian, masih ada harapan bahwa kasus Covid-19 serius dan kematian tidak akan mencapai tingkat seperti di awal tahun ini.

"Rata-rata usia pasien saat ini jauh lebih muda, perawatan juga telah membaik, dan mereka yang terinfeksi kemungkinan terpapar jumlah virus yang lebih sedikit dengan adanya physical distancing dan penggunaan masker," jelas Ryan.

Adapun saat ini, jumlah total kasus virus corona yang telah dikonfirmasi di dunia telah melewati angka 40 juta dengan lebih dari 1 juta kasus kematian.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan orang-orang bahwa pandemi ini masih terjadi, sehingga langkah-langkah pencegahan masih tetap perlu diberlakukan untuk mengendalikan pandemi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X