Simak, Ini Beragam Hal yang Bisa Menggugurkan Kelulusan CPNS

Kompas.com - 21/10/2020, 11:20 WIB
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. AFP/JUNI KRISWANTOPeserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

KOMPAS.com - Seseorang yang telah lulus rangkaian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ternyata bisa kehilangan statusnya.

Gugurnya status CPNS tersebut bisa terjadi pada siapa saja, apabila tidak memenuhi sejumlah persyaratan. 

Plt Karo Humas, Hukum, dan Kerjasama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono, membenarkan hal itu.

"Jika tidak bisa memenuhi syarat-syarat yang disampaikan ke BKN ya bisa gugur, jika tidak dipenuhi bisa gagal," kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/10/2020).

Jika CPNS gugur, maka secara otomatis tidak bisa mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Adapun, hasil seleksi CPNS 2019 akan diumumkan pada 30 Oktober 2020.

Baca juga: BKN: Peserta CPNS 2019 yang Lulus tapi Terlibat Parpol, Otomatis Gugur

Lantas, hal apa saja yang membuat status CPNS seseorang gugur?

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.

Adapun, yang bisa membuat gugurnya status CPNS di antaranya adalah:

1. Pernah dipidana penjara 2 tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X