Pandemi Covid-19, Kekayaan Jack Ma Bertambah 1,5 Triliun Dollar AS

Kompas.com - 20/10/2020, 19:52 WIB
HANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images) VCGHANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images)

KOMPAS.com - Pendiri e-commerce Alibaba Jack Ma memperoleh rekor kekayaan sebesar 1,5 triliun dollar AS tahun ini.

Jumlah tersebut bahkan melebihi gabungan kekayaannya dalam lima tahun terakhir.

Dikutip AFP, Selasa (20/10/2020), laporan kekayaan itu muncul dalam daftar tahunan orang terkaya di China yang dirilis pada hari ini.

Negeri Panda itu sekarang memiliki 878 miliuner, jauh melebihi Amerika Serikat yang hanya memiliki 626 orang.

Laporan tersebut menemukan bahwa ada sekitar 2.000 orang dengan kekayaan bersih melebihi 300 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,4 triliun pada Agustus 2020.

Baca juga: Apa yang Membuat Qatar Jadi Negara Terkaya Dunia?

Meningkatnya belanja online saat pandemi

Jack Ma sekali lagi menduduki puncak daftar orang terkaya China setelah kekayaannya melonjak 54 persen menjadi 58,8 miliar dollar AS.

Besaran keuntungan itu didapatkan seiring meningkatnya aktivitas belanja online selama penguncian berbulan-bulan akibat pandemi virus corona.

Bos raksasa game dan pemilik WeChat Tencent Pony Ma menyusul di urutan kedua dengan kekayaan 57,4 miliar dollar AS.

Pony Ma memperoleh tambahan kekayaan sebesar 50 persen, meski ada kekhawatiran tentang prospek perusahaannya di AS yang terancam dilarang.

Sementara, pemilik merek air kemasan terkenal Nongfu, Zhong Sanshan, terjun bebas ke posisi tiga dengan kekayaan 53,7 miliar dollar AS.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X