[KLARIFIKASI] Foto Sungai Penuh Sampah Diklaim di Jakarta, Faktanya di Filipina

Kompas.com - 20/10/2020, 19:11 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Di media sosial beredar narasi perbedaan sungai bersih di Vanuatu dan sungai kotor di Indonesia yang dikaitkan dengan perilaku masyarakat.

Foto Vanuatu menampilkan panorama perairan biru kehijauan dengan deretan rapi pohon kelapa, sedangkan foto Jakarta menampilkan sungai dipenuhi sampah.

Dari penelusuran digital pada Selasa (20/10/2020), foto sungai dipenuhi sampah bukan sungai yang berada di Jakarta, melainkan di Filipina.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Uten Balingga pada 2 Oktober 2020 mengunggah dua foto di statusnya. Foto pertama menampilkan perairan biru kehijauan yang dibatasi pasir putih dan deretan rapi pohon kelapa. Di pojok bawah foto tertera kata 'Vanuatu'.

Tangkapan layar foto yang diunggah di Facebook. Foto atas adalah panorama di Vanuatu, sedangkan foto bawah adalah foto sungai yang diklaim berada di Jakarta.Facebook Tangkapan layar foto yang diunggah di Facebook. Foto atas adalah panorama di Vanuatu, sedangkan foto bawah adalah foto sungai yang diklaim berada di Jakarta.

Sementara, foto kedua sangat kontras dari foto pertama. Foto kedua menunjukkan sungai yang dipenuhi sampah, di kiri sungai berjejer rumah papan ala kadarnya. Foto kedua memuat kata Jakarta, Indonesia.

Akun tersebut menuliskan status sebagai berikut:

"Perbedaan dua sungai di 2 Negara yaitu Vanuatu dan Indonesia
1. Vanuatu
2. Indonesia
Ini menggambarkan perilaku masyarakatnya."

Status yang sama juga diunggah akun Facebook Apia Omban Lepitalen pada 3 Oktober 2020.

Penelusuran

Dari penelusuran digital yang dilakukan Kompas.com, ditemukan bahwa klaim salah satu dari dua foto yang diunggah akun Facebook di atas tidak tepat.

Foto pertama yang mencantumkan kata 'Vanuatu' memang benar merupakan foto yang mengambil panorama di Vanuatu, sebuah negara pulau di Samudera Pasifik Selatan.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X