Kurangi Kontak Fisik, Cek Hasil Lab di Anjungan Laboratorium Mandiri

Kompas.com - 20/10/2020, 07:20 WIB
Ilustrasi peneliti sedang bekerja di laboratorium. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi peneliti sedang bekerja di laboratorium.

 

KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan yang terletak di Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, menghadirkan inovasi di bidang layanan laboratorium bagi pasiennya.

Layanan bernama Anjungan Laboratorium Mandiri (ALM) ini memungkinkan pasien mendapatkan hasil laboratorium secara mandiri, tanpa harus antre dan bertemu dengan laboran.

Layanan Anjungan Laboratorium Mandiri mulai dioperasikan pada bulan Juli 2020.

Direktur RSUD Tarakan, Jakarta, Dian Ekowati menyebut mesin ini sebagai salah satu layanan unggulan yang dimiliki oleh rumah sakitnya.

Selain dinilai lebih efektif, cara penggunaan ALM juga relatif mudah.

"Cukup dengan melakukan scan barcode pada mesin layanan ini dan secara otomatis langsung mencetak hasil pemeriksaan laboratorium pasien tersebut," kata Dian, Senin (19/10/2020).

Baca juga: BPOM Kini Punya Laboratorium Biohazard untuk Uji Covid-19

Di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, adanya ALM yang bisa digunakan tanpa harus melakukan kontak fisik sama sekali, juga menjadi kelebihan tersendiri.

Pasien hanya perlu memindai kode batang yang ditampilkan, tidak ada kegiatan yang melibatkan interaksi fisik secara langsung.

Cara kerjanya

Cara mengoperasikan mesin ALM adalah pasien cukup dengan menunjukkan barcode pada sensor mesin (contactless) dan secara otomatis akan tercetak.

Barcode diperoleh dari petugas laboratorium pada saat setelah pengambilan darah di lab untuk pasien rawat jalan. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X