Hari Ini dalam Sejarah: Napoleon Bonaparte Gagal Taklukkan Rusia

Kompas.com - 19/10/2020, 09:53 WIB
Napoleon Bonaparte Shutterstock/Everett CollectionNapoleon Bonaparte

KOMPAS.com - Hari ini 208 tahun yang lalu, tepatnya pada 19 Oktober 1812, panglima perang sekaligus Kaisar Perancis, Napoleon Bonaparte bersama pasukannya harus menerima kekalahan pahit dan mengundurkan diri dari Moskow, Rusia.

Dilansir dari History, invasi Napoleon ke Rusia bermula dari penolakan Tsar Alexander I terhadap Sistem Kontinental yang digagas oleh Napoleon.

Tidak terima dengan penolakan ini, pada 24 Juni 1812, Napoleon mengerahkan Grande Armee dengan kekuatan lebih dari 500.000 prajurit. Hingga hari ini, pengerahan pasukan tersebut merupakan yang terbesar dalam sejarah.

Di awal invasi, Napoleon harus menghadapi taktik mundur teratur dari Rusia.

Mereka menghindari pertempuran terbuka dengan pasukan Napoleon yang berkekuatan jauh lebih besar.

Dipimpin oleh Jenderal Mikhail Kutuzov, Rusia melakukan taktik mundur teratur ke dalam wilayah negara itu sembari membakar setiap kota atau desa yang mereka tinggalkan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penemu Bola Lampu Pijar, Thomas Alva Edison, Meninggal Dunia

Tiba di Moskow

Pada 7 September 1812 terjadi perang besar, Battle of Borodino, yang menghasilkan kerugian bagi kedua belah pihak.

Selang tujuh hari kemudian, pada 14 September, Napoleon bersama pasukannya tiba di Moskow. Hal pertama yang dilakukan Napoleon adalah mencoba mengisi ulang perbekalan mereka.

Namun, hampir seluruh penduduk telah meninggalkan Moskow, sedangkan pasukan Rusia kembali memainkan taktik mundur teratur.

Pada pagi harinya, kebakaran yang dipicu oleh prajurit Rusia menyebar hingga ke seluruh kota.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X