12,1 Juta Pekerja Telah Terima Bantuan Upah, Ini Syarat Pencairan BSU

Kompas.com - 19/10/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi uang Dok. KredivoIlustrasi uang

KOMPAS.com - Pemerintah memberikan bantuan subsidi upah (BSU) kepada para pekerja atau buruh di tengah pandemi virus corona.

Bantuan diberikan sebesar Rp 600 ribu selama empat bulan atau total Rp 2,4 juta, yang disalurkan langsung kepada masing-masing penerima manfaat.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah mengatakan, bantuan subsidi gaji telah tersalurkan sebanyak 98 persen.

Sementara itu, banyaknya penerima bantuan yang memenuhi syarat dan kriteria Peraturan Menteri Ketenagakejaan (Permenaker) sejauh ini sebanyak 12,4 juta.

"Total penerima bantuan yang memenuhi syarat kriteria Permenaker ada 12,4 juta. Kami sudah salurkan 98 persen, jadi alhamdulillah sudah tersalur untuk 12,1 juta (penerima manfaat)," kata Ida dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com dari Humas Kemenaker, Minggu (18/10/2020).

Baca juga: Update Subsidi Gaji Karyawan: 12,4 Juta Data Pekerja Diserahkan ke Kemnaker

Ida menambahkan, pihaknya akan terus menyalurkan bantuan subsidi upah hingga selesai.

Sebagai tambahan informasi, pemerintah menargetkan bantuan gaji akan diberikan kepada 15,7 juta pekerja atau buruh yang masuk kriteria.

Sementara bagi pekerja atau buruh yang belum menerima bantuan, Ida menyebut bisa dikarenakan persyaratan yang tidak terpenuhi.

"Teman-teman yang belum menerima bisa jadi karena memang ada persyaratan yang tidak terpenuhi," ujar Ida.

Ida menambahkan, data yang tidak valid di Kemenaker akan dikembalikan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X