Kompas.com - 17/10/2020, 20:22 WIB
Ilustrasi minuman probiotik. ShutterstockIlustrasi minuman probiotik.

KOMPAS.com - Sebuah video yang merekam seorang pria meminum minuman probiotik sekaligus dalam jumlah banyak, viral di media sosial pada Jumat (16/10/2020). 

"Bakteri baik langsung pesta di usus," tulis akun yang membagikan video itu. 

Dalam video berdurasi 18 detik ini, terlihat pria tersebut menenggak satu per satu botol minuman probiotik hingga perutnya membesar.

Apakah mengonsumsi minuman probiotik secara berlebihan akan berdampak bagi tubuh?

Adakah batasan amannya?

Dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) Siloam Hospital, Jakarta Selatan, dr Inge Permadhi, mengungkapkan, tidak ada masalah atau dampak yang terjadi pada seseorang yang meminum minuman probiotik sekaligus dalam jumlah banyak.

"Selama tidak ada penyakit yang ada di saluran cerna, sebenarnya tidak masalah mengonsumsi dalam jumlah banyak dan tidak ada efek sampingnya," ujar Inge saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Peneliti Filipina Gabungkan Durian dan Bir untuk Membuat Minuman Probiotik

Ia menjelaskan, minuman probiotik mengandung mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lainnya.

"Probiotik dapat bertambah banyak karena dapat berkembang biak dengan pola hidup yang sehat. Probiotik juga dapat berkurang jumlahnya ketika kita melakukan buang air besar," lanjut dia.

Meski diperbolehkan mengonsumsi minuman probiotik dalam jumlah banyak, yang perlu dipertimbangkan adalah kadar gula dalam minuman tersebut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.