Mengenal Osteoarthritis, Radang Sendi yang Bisa Terjadi pada Usia Muda

Kompas.com - 16/10/2020, 18:41 WIB

KOMPAS.com - Semakin bertambah usia, sejumlah gangguan tubuh terkadang muncul dan menjadi kekhawatiran, apalagi permasalahan tulang.

Hal ini terjadi karena pelumas yang melindungi sendi semakin berkurang intensitasnya.

Potensi permasalahan pada tulang yang bisa terjadi adalah osteoarthritis atau peradangan sendi.

Osteoarthritis terjadi karena penipisan dan kerusakan tulang rawan. Siapa saja bisa mengalaminya, termasuk mereka yang berusia muda.

Bagaimana radang sendiri bisa menyerang orang muda?

Dokter Orthopedi dan Traumatologi RSU Haji Surabaya, dr. Muhammad Shoifi SpOT(K) mengungkapkan, osteoarthritis dapat dialami pada usia muda dengan kondisi post traumatic osteoarthritis.

"Osteoarthritis bisa terjadi pada usia muda, yang paling sering adalah post traumatic osteoarthritis," ujar Shoifi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/10/2020).

Ia menjelaskan, post traumatic osteoarthritis adalah kondisi osteoarthritis yang terjadi setelah trauma, misalnya ada fraktur atau patah tulang pada area sendi, cedera olahraga, dan lainnya.

Mengutip situs kesehatan MayoClinic, osteoarthritis paling sering memengaruhi sendi di tangan, lutut, pinggul, dan tulang belakang.

Baca juga: Obat Radang Sendi Diuji Coba pada Pasien Parah Infeksi Virus Corona

Penyebab osteoarthritis

Osteoartritis terjadi ketika tulang rawan yang menjadi bantalan ujung tulang di persendian tubuh secara bertahap memburuk.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.