10 Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar di Dunia, Mana Saja?

Kompas.com - 16/10/2020, 13:07 WIB
Diperkirakan, cadangan minyak bumi dalam negeri, yang merupakan sumber utama energi Indonesia, akan habis pada 2025.
shutterstockDiperkirakan, cadangan minyak bumi dalam negeri, yang merupakan sumber utama energi Indonesia, akan habis pada 2025.

KOMPAS.com - Belum lama ini, BP Statistical Review of World Energy 2020 merilis data tahunan terkait pasar sumber energi dunia.

Salah satu poin yang dibahas dalam laporan itu adalah cadangan minyak di dunia.

Total cadangan minyak yang di bumi pada 2019 mencapai 1.733,9 triliun barrel, turun dari tahun sebelumnya dengan angka 1.735,9 triliun barrel.

Baca juga: Indonesia Jadi Negara dengan Utang Luar Negeri Terbesar ke-7 di Dunia

Dalam laporan itu, kawasan Timur Tengah masih menempati peringkat teratas sebagai penyumbang cadangan minyak terbesar di dunia dengan total mencapai 833,8 triliun barrel.

Disusul oleh kawasan Amerika Selatan dan Amerika Tengah yang memiliki cadangan minyak sebesar 324,1 triliun barrel.

Sementara kawasan Amerika Utara memiliki 244,4 triliun barrel, Eropa 14,4 triliun barrel, Afrika 125,7 triliun barrel, dan Asia Pasifik memiliki 45,7 triliun barrel.

Baca juga: 10 Negara Termiskin di Dunia, Semua dari Benua Afrika, Mana Saja?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X