Kisah Unik Ekonom Pemenang Nobel 2020, Tidur Saat Pengumuman Berlangsung

Kompas.com - 14/10/2020, 07:00 WIB
Penerima Nobel EKonomi 2020, Paul Milgrom dan Robert Wilson Istimewa via alkhaleejtoday.coPenerima Nobel EKonomi 2020, Paul Milgrom dan Robert Wilson

KOMPAS.com - Penghargaan Nobel Ekonomi 2020 dianugerahkan kepada dua ekonom Amerika Serikat (AS), Paul Milgrom dan rekannya, Robert Wilson.

Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi mereka pada teori lelang. Mereka diakui atas penemuan teoritis dalam meningkatkan cara kerja lelang.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (13/10/2020), penghargaan Nobel Ekonomi diberikan Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia.

Milgrom dan Wilson dinilai telah menemukan format baru untuk melelang banyak objek yang saling terkait.

Selain itu, format lelang yang mereka temukan, juga disebut mendorong penjual untuk berbuat baik bagi masyarakat, dan tidak sekadar mencapai harga tertinggi.

Baca juga: Berkontribusi pada Teori Lelang, Dua Ekonom AS Raih Nobel Ekonomi 2020

Tidur saat pengumuman

Ada kisah unik di balik pengumuman pemenang penghargaan Nobel Ekonomi 2020 tersebut. Salah satu pemenang, yakni Paul Milgrom, sedang tidur saat pengumuman pemenang dibacakan.

Dilansir CNN International, Selasa (13/10/2020), setiap tahun Komite Nobel selalu menelepon para pemenang sebelum pengumuman dibacakan.

Tahun ini, pengumuman Nobel 2020 dibacakan di Stockholm, Swedia, pada 12 Oktober 2020 siang.

Namun pada saat yang sama di California, tempat Milgrom tinggal, waktu sudah menunjukkan tengah malam. 

Komite Nobel saat itu kesulitan menghubungi Milgrom untuk menyampaikan pengumuman itu, karena Milgrom saat itu sedang tidur.

Halaman:

Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X