Kompas.com - 11/10/2020, 12:15 WIB
Elephas maximus atau gajah Asia, hewan langka yang hampir punah Elephas maximus atau gajah Asia, hewan langka yang hampir punah

KOMPAS.com - Gajah adalah mamalia terbesar di daratan yang masih hidup di era modern ini. Hal tersebut adalah fakta yang diterima oleh semua orang.

Selain fakta tersebut, banyak orang juga meyakini gajah adalah binatang yang tidak pernah lupa, sehingga muncul ungkapan 'ingatan seperti gajah' yang menandakan bahwa seseorang memiliki ingatan kuat.

Dilansir dari Independent, Senin (12/11/2007) gajah memang memiliki volume otak yang besar.

Hal tersebut kemungkinan besar berpengaruh pada kapasitas ingatan dan kompleksitas cara komunikasi mereka.

Baca juga: Bagaimana Cara Gajah Tidur?

Banyak gajah diketahui bisa belajar dan mengingat banyak jenis perintah, misalnya atraksi gajah di pertunjukan sirkus. Mereka bisa melukis, dan juga bermain bola.

Gajah juga diketahui bisa mengingat manusia yang pernah berinteraksi dengan mereka, sekaligus mengingat gajah lain yang mereka kenal, bahkan jika mereka terpisah bertahun-tahun.

Di alam liar, kawanan gajah cenderung menjelajahi jalur yang sama selama bertahun-tahun, mengindikasikan bahwa ingatan itu diwariskan dari generasi ke generasi.

Selain itu, gajah juga memiliki tempat pemakaman spesifik, dan gajah yang sakit atau tua akan kembali ke tempat itu menjelang akhir hayatnya.

Baca juga: Benarkah Makan Ikan Bikin Pintar?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X