Apa Itu Gelar Kebangsawanan MBE yang Diterima Marcus Rashford?

Kompas.com - 10/10/2020, 20:45 WIB
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford. AFP/SASCHA STEINBACH/POOLPenyerang Manchester United, Marcus Rashford.

KOMPAS.com - Ratu Inggris memberikan gelar Member of the British Empire (MBE) kepada pemain Manchester United, Marcus Rashford.

Gelar tersebut merupakan bagian dari Daftar Penghargaan Ulang Tahun Ratu Inggris.

Pemberian gelar ini merupakan tradisi di Persemakmuran Inggris, ketika raja atau ratu yang berkuasa memberikan berbagai penghargaan kepada individu yang dianggap telah berjasa.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (10/10/2020) Marcus Rashford dianggap berjasa bagi Persemakmuran Inggris atas upayanya memastikan 1,3 juta anak di Inggris mendapat voucher makan gratis saat liburan musim panas di tengah pandemi virus corona.

Daftar Penghargaan Ulang Tahun Ratu Inggris rutin diberikan hampir setiap tahun, sejak 1860. Penghargaan ini diberikan oleh raja atau ratu yang berkuasa pada hari ulang tahun mereka.

Baca juga: Marcus Rashford Mendapat Penghargaan MBE dari Ratu Inggris

Gelar dari Kerajaan Inggris

Dikutip dari BBC, 28 Desember 2019, gelar MBE yang diterima oleh Marcus Rashford adalah gelar tertinggi ketiga dalam tingkatan Order of the British Empire.

Gelar tersebut dianugerahkan pada individu yang dinilai telah memberikan kontribusi positif dalam bidang pekerjaannya.

Selain Rashford, tokoh populer lain yang pernah menerima anugerah gelar ini adalah musisi Ed Sheeran. Dia menerima medali MBE di Istana Buckingham pada 2017 lalu.

Berikut adalah deretan gelar kehormatan yang diberikan oleh Kerajaan Inggris:

1. Companion of honour

Gelar ini diberikan kepada individu yang telah memberikan kontribusi siginifikan di bidang seni, sains, medis, maupun pemerintahan dalam jangka waktu lama.

Halaman:

Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X