Rekor! Kasus Harian Baru Covid-19 di Dunia Lewati Angka 350.000

Kompas.com - 10/10/2020, 14:45 WIB
Ilustrasi Covid-19 Shutterstock/PetovargaIlustrasi Covid-19

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan rekor tertinggi untuk catatan kasus harian baru virus corona yang dikonfirmasi di seluruh dunia, Jumat (9/10/2020).

Ada lebih dari 350.000 kasus baru Covid-19 yang dilaporkan ke badan kesehatan PBB.

Melansir AP, Jumat (9/10/2020), total sebanyak 350.766 kasus baru virus corona dilaporkan dan menjadi rekor baru dengan selisih hampir 12.000 dari rekor yang tercatat di awal minggu ini.

Jumlah tersebut termasuk lebih dari 109.000 kasus yang tercatat hanya di wilayah Eropa.

Baca juga: UPDATE: Rekor! 4.850 Kasus Covid-19 Baru di Indonesia dalam 24 Jam

Lindungi kelompok rentan

Dalam konferensi pers pada hari Jumat (9/10/2020), Direktur Program Kedaruratan WHO Michael Ryan mengakui bahwa meskipun lonjakan kasus Covid-19 terus terjadi di berbagai belahan dunia, belum ada fakta-fakta baru yang dapat menjelaskannya secara utuh.

Ia mengatakan, meski pihaknya ingin agar negara-negara menghindari pemberlakukan penguncian (lockdown) yang akan merusak ekonomi, pemerintah tetap harus memastikan bahwa kelompok-kelompok rentan dapat terlindungi.

Selain itu, langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menahan penyebaran lebih luas juga diharapkan terus dilakukan.

"Mayoritas orang-orang di dunia masih rentan terhadap penyakit ini," kata Ryan memperingatkan.

Ia menilai bahwa negara-negara tidak hanya harus fokus pada langkah-langkah pembatasan, tetapi juga meningkatkan sistem surveilans, testing, penelusuran kontak, serta memastikan bahwa masyarakat terlibat.

Melonjak di Eropa

Dengan melonjaknya kasus-kasus baru virus corona di Eropa dan wilayah-wilayah lain di dunia, Ryan memahami bahwa langkah-langkah pembatasan mungkin dibenarkan pada beberapa kondisi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X