Kemenag Cari 100 WNI untuk Dikirim Jadi Imam Masjid di Uni Emirat Arab

Kompas.com - 10/10/2020, 12:30 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri Shalat Jumat di Masjid Agung Hagia Sophia, perdana dalam 86 tahun terakhir di Istanbul, pada 24 Juli 2020. MURAT CET NMUHURDAR/PPO via ReutersPresiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri Shalat Jumat di Masjid Agung Hagia Sophia, perdana dalam 86 tahun terakhir di Istanbul, pada 24 Juli 2020.

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) membuka seleksi untuk mencari 100 orang warga negara Indonesia untuk dikirimkan ke Uni Emirat Arab (UEA).

Sebanyak 100 orang tersebut nantinya bertugas menjadi imam masjid di sana.

Berdasarkan unggahan akun Instagram @bimasislam, seluruh WNI yang beragama Islam bisa mendaftarkan diri di seleksi ini.

Namun, ada sejumlah syarat lain yang diminta untuk bisa terpilih menjadi imam masjid.

Syarat-syarat itu salah satunya adalah hafal 30 juz Al-Quran dan dapat berkomunikasi dalam bahasa Arab.

Baca juga: Kemenag Susun Mitigasi Risiko Penyelenggaraan Umrah di Masa Covid-19

Syarat lengkapnya dapat dilihat pada unggahan berikut ini:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bimas Islam Kemenag RI (@bimasislam) on Oct 9, 2020 at 2:54am PDT

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag, Kamarudin Amin, menyebut program ini sebagai bentuk hubungan antarnegara yang dijalin Indonesia dengan UEA.

"InsyaAllah akan dikirim ke Uni Emirat Arab sebagai salah satu bentuk implementasi kerja sama Indonesia dan Uni Emirat Arab," kata Kamarudin saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/10/2020).

Kamarudin mengatakan mereka nantinya akan ditugaskan di masjid-masjid umum yang ada di negara itu, bukan masjid di lingkungan Kedutaan Besar RI.

Pengiriman imam masjid dari Indonesia ke UEA bukan merupakan program baru, namun seleksi yang dibuka kali ini skalanya besar.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X