Hari Ini dalam Sejarah: Badai Dahsyat Landa Karibia, 22.000 Orang Tewas

Kompas.com - 10/10/2020, 08:30 WIB
Ilustrasi badai petir memicu serangan asma. Peneliti menemukan jumlah pasien asma di UGD mengalami peningkatan sebelum badai terjadi. SHUTTERSTOCK/John D SirlinIlustrasi badai petir memicu serangan asma. Peneliti menemukan jumlah pasien asma di UGD mengalami peningkatan sebelum badai terjadi.

KOMPAS.com - Hari ini 240 tahun lalu, tepatnya 10 Oktober 1780, terjadi badai besar di Karibia.

Dikutip History, badai itu dikenal sebagai badai besar atau the Great Hurricane of 1780. Itu adalah salah satu badai paling mematikan yang pernah tercatat.

Hal-hal spesifik tentang badai, seperti titik asal dan kekuatannya yang tepat tidak diketahui, karena badai terjadi sebelum munculnya teknologi pelacakan badai modern.

Namun diyakini badai telah mendarat pertama kali di Barbados pada 10 Oktober, sebelum menyapu sebagian besar sisa Karibia timur.

Barbados, Martinik, dan St.Lucia termasuk di antara lokasi yang paling parah terkena dampak. Adapun, korbannya menurut catatan History adalah 20.000 orang meninggal dunia.

Baca juga: Badai Alex Hantam Perbatasan Perancis dan Italia, 2 Orang Tewas dan 8 Orang Hilang

Melansir Britannica, badai menghancurkan Martinik, merenggut sekitar 9.000 nyawa. Di pulau Sint Eustatius diperkirakan 4.000 hingga 5.000 orang tewas.

Menurut saksi mata di Barbados dan Saint Lucia, bangunan dan benteng batu yang kokoh hilang tak bersisa oleh angin. Begitu juga dengan meriam berat, bisa terbawa hingga ratusan kaki.

Saat itu, sedang terjadi revolusi Amerika Serikat. Angkatan laut Eropa terkonsentrasi di Karibia karena itu.

Pasukan Inggris dan Prancis menderita kerugian yang sangat besar dengan lebih dari 40 kapal Prancis tenggelam di dekat Martinik. Selain itu sekitar 4.000 tentara tewas.

Saat badai berlanjut ke utara, badai merusak atau menenggelamkan banyak kapal lain yang kembali ke Eropa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X