Labora et Ora Versus Corona

Kompas.com - 06/10/2020, 10:34 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19


MAKHLUK hidup yang disebut Homo Sapiens hadir di planet bumi menyambung hidup dengan berburu makhluk hidup jenis lain.

Akibat dianugerahi kemampuan berpikir maka Homo Sapiens mulai berevolusi menjadi makhluk hidup yang mampu membuat peralatan seperti gada, pisau, tombak, panah, boomerang dll demi membinasakan makhluk hidup lain-lainnya.

Bahkan, agar tidak perlu sibuk berburu di alam bebas kemudian manusia mulai berternak demi lebih mudah memperoleh bahan daging hewan untuk dimakan.

Dengan kemampuan berternak, manusia mampu mengembang-biakkan hewan ternak sebanyak mungkin sehingga bukan hanya cukup bagi diri sendiri dan keluarga namun juga untuk berbagi dengan sesama manusia yang membutuhkannya. Maka masyarakat berburu berkembang menjadi masyarakat berternak.

Industri

Namun manusia tidak puas dengan hasil ternak saja maka lanjut melakukan kegiatan baru yang melahirkan peradaban baru yang disebut sebagai industri.

Dengan industri, manusia mampu memproduksi produk apa pun secara massal jauh melebihi kebutuhan diri sendiri mau pun keluarga. Masyarakat agraria berkembang menjadi masyarakat industri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lambat namun pasti, peradaban industri menciptakan kemakmuran berlimpah bagi masyarakat yang menguasai teknologi industri yang memicu syahwat kerakusan untuk terus menumpuk kekayaan harta-bendawi seolah tak kenal batas maksimal.

Secara tidak langsung mau pun langsung, kerakusan masyarakat industri merusak lingkungan hidup maupun membinasakan para satwa yang hidup bersama manusia di planet bumi ini.

Satu per satu jenis satwa punah diawali Dodo lalu disusul Tasmanian Tiger, Quagga , Passenger Pigeon, Golden Toad, Caribbean Monk Seal, Pyrenean Ibex, Bubal Hartebeest, Harimau Jawa, Ikan Tecopa , Syrian Wild Ass dan Dolfin Sungai Baiji.

Sementara yang sedang antre untuk ikut punah misalnya gorilla, orang utan, penyu laut, paus Atlantik Utara, badak jawa, dara paruh gigi, saola, kakapo, macan tutul amur, vaquita.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X