Kompas.com - 05/10/2020, 18:02 WIB
Warga Victoria diminta mematuhi anjuran pemerintah termasuk mengenakan masker jika keluar rumah dan sulit menjaga jarak dengan orang lain. ABC NEWS/SIMON WINTER via ABC INDONESIAWarga Victoria diminta mematuhi anjuran pemerintah termasuk mengenakan masker jika keluar rumah dan sulit menjaga jarak dengan orang lain.

KOMPAS.com - Pemerintah Victoria di Australia tengah mencari cara meningkatkan tracing untuk mengendalikan penyebaran virus corona sebagai bentuk antisipasi dari pelonggaran pembatasan penguncian (lockdown) di sana.

Seperti diberitakan Reuters, Senin (5/10/2020), kasus harian infeksi Covid-19 harian di Victoria, negara dengan kepadatan penduduk paling tinggi di Australia, mengalami penurunan menjadi 9 kasus saja.

Pada hari sebelumnya, ada 12 kasus baru virus corona yang tercatat di Victoria. 

Sementara, Melbourne, yang telah menerapkan penguncian ketat selama hampir tiga bulan terakhir, diperkirakan akan melakukan pelonggaran pembatasan, yaitu saat rata-rata kasus harian baru selama dua minggu berada di bawah lima.

Baca juga: Singapura Terima Turis Australia dan Vietnam Mulai 8 Oktober

Kondisi terkini

Menurut pemodelan yang dilakukan oleh pemerintah, kondisi ini akan terjadi pada akhir Oktober 2020.

Pada Senin (5/10/2020), rata-rata kasus selama 14 hari terakhir adalah sebanyak 11,6 kasus, menurun dari hari sebelumnya sebanyak 11,9.

"Kami ingin semua orang yang mengalami gejala, terlepas dari bagaimana kondisinya, dapat menjalani tes. Kemudian, kami dapat memperoleh hasilnya dan itulah cara kami untuk melindungi mereka, melindungi seluruh komunitas," kata Perdana Menteri Victoria Daniel Andrews.

Menurut Andrews, ada sejumlah hal yang tengah dilakukan dalam beberapa hari ke depan dan melihat apakah peningkatan kapasitas tes dapat dilakukan.

Sejak awal tahun, negara bagian berpopulasi 6 juta penduduk ini telah melakukan sekitar 2,7 juta tes.

Penguncian terbukti berhasil

Sebelumnya, diketahui bahwa Victoria telah melakukan penguncian (lockdown) ketat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X