Mengenal Steroid, Mulai dari Jenis, Manfaat, hingga Efek Sampingnya

Kompas.com - 05/10/2020, 15:55 WIB
Ilustrasi obat ShutterstockIlustrasi obat

KOMPAS.com - Penelitian menunjukkan bahwa obat steroid deksametason dapat mengurangi potensi tingkat kematian pada pasien Covid-19 yang sakit parah.

Deksametason diklaim mampu meningkatkan potensi kesembuhan pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi parah atau kritis, dan membutuhkan oksigen ekstra.

Namun di sisi lain, menurut Infectious Disease Society of America, obat ini sebaiknya tidak diberikan pada pasien dalam kasus Covid-19 yang ringan karena dapat membatasi kemampuan tubuh untuk melawan virus.

Nah, baru-baru ini dilaporkan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diberikan obat steroid dexamethasone sebagai bagian dari pengobatan Covid-19 yang diterimanya.

Hal ini diungkapkan salah satu dokter yang merawat Trump, Dr Brian Garibaldi pada Minggu (4/10/2020).

Melansir CNN, Senin (5/10/2020), pemberian obat ini menjadi indikasi atau kemungkinan kondisi Trump yang mengkhawatirkan.

Sebab obat ini tidak direkomendasikan diberikan kepada orang-orang yang positif Covid-19 dengan gejala ringan, sebab efek samping dari steroid termasuk menekan sistem kekebalan.

Baca juga: Donald Trump Diberi Obat Steroid Dexamethasone, Bagaimana Kondisinya?

Apa itu steroid?

Melansir nhs.uk, steroid atau kortikosteroid merupakan obat anti-inflamasi yang dipakai untuk mengobati berbagai kondisi.

Steroid atau kortikosteroid berbeda dari steroid anabolik, yang sering dipakai secara ilegal oleh beberapa orang untuk meingkatkan massa otot. Seperti pada atlet atau olahragawan.

Jenis steroid

Steroid terdiri dari berbagai bentuk. Jenis utamanya antara lain:

  • Tablet, sirup, dan cairan seperti prednisolon
  • Inhaler dan semprotan hidung seperti beclometasone dan fluticasone
  • Suntikan, yang diberikan ke persendian, otot, atau pembuluh darah seperti methylprednisolone
  • Krim, losion, dan gel seperti krim kulit hidrokortison

Mayoritas steroid hanya tersedia dengan resep, tapi beberapa di antaranya seperti krim atau semprotan hidung dapat dibeli di apotek.

Efek samping

Steroid cenderung tidak menyebabkan efek samping yang signifikan jika dikonsumsi dalam waktu singkat atau dengan dosis rendah.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X