Kompas.com - 05/10/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial bahwa restoran cepat saji McDonald's di Ciater, Serpong, Tangerang, ditutup paksa karena membuat kemacetan lalu lintas. 

Narasi itu tidak benar. Kepolisian menegaskan, pihaknya tengah mengurai kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Ciater, Serpong, pada Jumat (2/10/2020).  

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Bimo Ray pada Jumat (2/10/2020) menulis status bahwa McDonald's di Ciater Raya ditutup paksa. Berikut kalimat di statusnya:

"Mc.D Ciater Raya sampai di tutup paksa ????????????"

Dia juga mengunggah sebuah tangkapan layar yang menunjukkan situasi kendaraan mobil dan motor di sebuah jalan raya pada malam hari. Dua orang polisi tengah berdiri dekat mobil polisi yang lampu sirinenya menyala.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tangkapan layar itu bertuliskan "MECDONALD CIATER RAYA. Ditutup paksa, gara2 bikin macet."

Tangkapan layar dengan narasi McDonalds di Ciater, Tangeran, ditutup paksa kepolisian.Facebook Tangkapan layar dengan narasi McDonalds di Ciater, Tangeran, ditutup paksa kepolisian.

Penjelasan

Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Setiawan menyatakan, pihaknya tidak melakukan penutupan paksa rumah makan cepat saji McDonald's sebagai upaya mengurai kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (2/10/2020) malam.

Kemacetan tersebut terjadi karena antrean kendaraan konsumen yang bergiliran masuk drive thru untuk memesan makanan di McDonald’s Ciater dengan promo potongan harga.

“Bukan ditutup, kendaraan diurai agar tidak macet. Tidak ada penutupan,” jelas Iman, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (3/10/2020).

Selain di sekitar McDonald's Ciater, kemacetan lalu lintas juga terjadi di beberapa titik lain seperti di sekitar McDonald’s Alam Sutra dan BSD Plaza.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, narasi di media sosial bahwa restoran cepat saji McDonald's di Ciater, Serpong, Tangerang, ditutup paksa karena membuat kemacetan tidak benar. Faktanya, kepolisian tengah mengurai kemacetan di sekitar tempat itu.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X