Hari Guru Sedunia 2020: Tantangan Mengajar di Masa Pandemi Covid-19

Kompas.com - 05/10/2020, 10:43 WIB
Ilustrasi guru dan siswa di sekolah Dok. Ditjen GTK KemdikbudIlustrasi guru dan siswa di sekolah

KOMPAS.com - Hari Guru Sedunia diperingati pada hari ini, 5 Oktober 2020.

Peringatan Hari Guru Sedunia ini telah dimulai sejak 16 tahun lalu, tepatnya 5 Oktober 1994.

Hari Guru Sedunia dicetuskan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan ( UNESCO) yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB).

Dilansir dari laman resmi UNESCO, 30 September 2020, peringatan Hari Guru Sedunia dilakukan untuk memeringati penandatanganan rekomendasi tentang status guru oleh Organisasi Buruh Internasional ( ILO) dan UNESCO pada 1966.

Pada 1997, peringatan Hari Guru Sedunia bertepatan dengan penandatanganan rekomendasi tentang status personel pengajar pendidikan tinggi.

Kedua rekomendasi tersebut menjadi instrumen untuk menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru, serta standar persiapan guru.

Rekomendasi tersebut juga memberikan tolok ukur mengenai pendidikan lanjutan, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi kerja guru.

Baca juga: Trending Guru Besar, Bagaimana Syarat dan Kewenangannya?

Tahun ini, Hari Guru Sedunia akan dirayakan secara virtual dengan tema, “Guru: Memimpin dalam krisis, menata kembali masa depan.”

Peringatan Hari Guru Sedunia 2020

Peringatan Hari Guru Sedunia tahun ini akan dimulai pada 5 Oktober 2020 dengan upacara pembukaan resmi diikuti oleh Upacara Penghargaan Edisi 6 dari UNESCO Hamdan Prize for the Effectiveness of Teachers.

Perayaan Hari Guru Sedunia direncanakan berlangsung sepanjang minggu di seluruh dunia.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X