Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Bergerak, Gundam Setinggi 18 Meter Akan Dipamerkan 19 Desember

Kompas.com - 04/10/2020, 13:35 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Gundam, action figure asal Jepang yang banyak digemari sebagai benda hobi oleh sebagian masyarakat dunia, kini sosoknya akan hadir di Pelabuhan Yokohama, Jepang dalam ukuran raksasa, yakni setinggi 18 meter.

Masyarakat dapat menyaksikan atraksi robot Gundam raksasa ini pada pembukaan 19 Desember 2020 hingga 31 Maret 2022 mendatang. 

Robot serial TV yang populer dari akhir 1970-an itu hadir dalam bentuk aslinya dan dapat dilihat berjalan, berlutut, dan menggerakkan seperti viral di media sosial sejak pekan lalu. 

Mengutip laman resmi Gundam Factory, robot Gundam raksasa ini dibangun di Dermaga Yamashita.

Sementara dari CNN (23/9/2020) disebutkan, robot yang mulai dikerjakan sejak 2014 ini memiliki tinggi hampir 60 kaki dan berat 24 ton.

Tersusun lebih dari 200 buah bagian yang terbuat dari campuran baja dan plastik yang diperkuat serat karbon, menurut perusahaan yang membuatnya.

Baca juga: Robot Gundam Raksasa Akan Segera Bisa Didekati

Sempat tertunda

Atraksi robot Gundam awalnya akan dibuka pada Oktober 2020, tetapi karena pandemi virus corona, pengunjung sekarang harus menunggu sedikit lebih lama.

"Keputusan ini dibuat untuk memastikan kesehatan dan keselamatan penggemar dan karyawan kami dalam menanggapi penyebaran Covid-19 di seluruh dunia," kata perusahaan yang mengoperasikan situs tersebut dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, melansir Asahi, proyek pembuatan robot Gundam raksasa ini tetap berjalan di tengah pandemi virus corona. 

Dikutip dari Mainichi.jp (4/10/2020), Gundam Factory Yokohama merupakan proyek ulang tahun ke-40 dari animasi "Mobile Suit Gundam", dan termasuk didalamnya "Gundam-Dock".

Selain menyimpan Gundam raksasa, juga ada fasilitas pameran yang dapat mempelajari teknik pembuatan robot tersebut.

Area pameran terdiri dari dua area "Gundam-Lab". Dock juga akan memiliki "Gundam-Dock Tower" di mana pengunjung dapat melihat kepala dan tubuh Gundam dari dekat dari ketinggian 15 hingga 18 meter.

Tiket masuk


Biaya yang harus dibayar pengunjung untuk masuk ke Gundam Factory Yokohama adalah sebesar 1.650 Yen atau sekitar Rp 232.000 untuk usia di atas 13 tahun.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com