Mengenal Kolibri, Satu-satunya Burung yang Bisa Terbang Mundur

Kompas.com - 04/10/2020, 12:15 WIB
Ilustrasi sepasang burung kolibri Ruby-topaz hummingbird (Chrysolampis mosquitus). Charles J Sharp Ilustrasi sepasang burung kolibri Ruby-topaz hummingbird (Chrysolampis mosquitus).

KOMPAS.com - Umumnya, burung hanya bisa terbang ke depan karena struktur sayap mereka yang hanya bisa digerakkan naik-turun.

Namun, ada satu jenis burung yang bisa terbang mundur, yaitu burung kolibri.

Meski hanya berukuran 7,5 sampai 13 sentimeter, tetapi kalibri merupakan satu-satunya burung yang diketahui mampu terbang mundur.

Baca juga: Muncul di Palembang, Berikut Awal Mula Kasus Flu Burung

Dikutip dari CGTN News, (11/1/12020), burung kolibri menggerakkan sayapnya seperti angka delepan, sehingga memungkinkannya untuk bergerak lebih mudah.

Selain itu, kepakan sayap mereka juga bisa mencapai 80 kali per detik dan detak jantung mencapai 1.260 kali per menit.

Dengan kecepatan kepakan sayap itu, menghasilkan sebuah suara yang menjadikannya seperti senandung.

Baca juga: Belum Selesai Virus Corona, Flu Burung Kembali Merebak di China...

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X