Ini Alasan Kunang-kunang Mengeluarkan Cahaya...

Kompas.com - 03/10/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi kunang-kunang SHUTTERSTOCK/FER GREGORY Ilustrasi kunang-kunang

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan kunang-kunang mengeluarkan cahaya dari tubuhnya beredar di media sosial Twitter.

Video tersebut diunggah akun @semestasains pada Kamis, (1/10/2020). Akun tersebut kunang-kunang bisa bercahaya karena terjadi reaksi kimia di dalam tubuhnya.

Video itu hingga Sabtu (3/10/2020) disukai lebih dari 13 ribu pengguna Twitter dan di-retweet lebih dari 5 ribu kali.

Baca juga: Mengapa Semut Selalu Berjalan dengan Cara Berbaris?

Lantas, mengapa kunang-kunang perlu mengeluarkan cahaya?

Peneliti kumbang (Coleoptera) dari Museum Zoologicum Bogoriense, Pusat Penelitian Biologi LIPI, Raden Pramesa Narakusumo, mengatakan kunang-kunang atau kumbang dari family lampyridae ini memang bisa mengeluarkan cahaya dalam tubuhnya.

Dia mengatakan fenomena itu disebut sebagai bioluminescence.

"Bioluminescence ini terjadi karena ada substrat luciferin di dalam tubuh kunang-kunang. Luciferin sendiri ada dua yakni D-Luciferin dan L-Luciferin," kata Pramesa saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/10/2020).

Pramesa menjelaskan, ketika D-Luciferin bereaksi dengan ATP (adenosine triphosphate) atau energi di dalam tubuh dan dikatalis (dipercepat reaksinya) oleh enzim luciferase, maka akan muncul reaksi lanjutan dengan oksigen yang menghasilkan oxyluciferin.

"Reaksi lanjutan dengan oksigen, akan menghasilkan oxyluciferin yang menghasilkan cahaya tersebut," kata Pramesa.

Komunikasi dan pertahanan

Dilansir Britannica, cahaya yang keluar dari tubuh kunang-kunang merupakan bagian dari sinyal komunikasi yang digunakan untuk menarik perhatian pasangannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X