Trump Vs Joe Biden, Berikut Urutan Tahapan Pilpres di AS...

Kompas.com - 01/10/2020, 09:06 WIB
Presiden Donald Trump dan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden bertukar poin selama debat presiden pertama pada Selasa, 29 September 2020, di Case Western University dan Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio. Ap/Morry GashPresiden Donald Trump dan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden bertukar poin selama debat presiden pertama pada Selasa, 29 September 2020, di Case Western University dan Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio.

KOMPAS.com - Debat pertama antara dua calon presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan Joe Biden telah digelar pada Rabu (30/9/2020) pagi tadi atau Selasa (29/9/2020) malam waktu AS.

Gelaran ini diselenggarakan di Sheila and Eric Samson Pavillion, Cleveland, Ohio.

Debat tersebut menjadi pertanda dimulainya perebutan kedudukan politik tertinggi di AS dengan puncak pesta demokrasi untuk memilih presiden dan wakil presiden pada 3 November 2020 mendatang. 

Baca juga: Lawan Trump di Pilpres AS 2020, Berikut Sepak Terjang Joe Biden

Lantas, bagaimana proses pemilihan presiden dan wakil presiden ini dilakukan di AS?

Sebelum pemilihan

Melansir laman US Embassy, berikut adalah tahapan-tahapan yang harus dilewati sebelum pemilihan presiden dan wakil presiden di AS dilakukan:

Kampanye

Dari satu tahun sebelum waktu pemilihan, kandidat dari dua partai politik utama, yaitu Demokrat dan Republik memulai kampanye mereka. 

Biasanya, mereka membentuk tim dan mulai "melakukan tur" di seluruh wilayah negara untuk mengumpulkan dukungan serta menggalang dana untuk kampanye.

Baca juga: Soal Rencana Trump, Warga Gaza: Palestina Not For Sale!

Debat

Setelah itu, kandidat dari kedua partai berpartisipasi dalam debat yang disiarkan melalui stasiun televisi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X