INFOGRAFIK: Apa Itu Anosmia?

Kompas.com - 29/09/2020, 09:00 WIB
Apa Itu Anosmia? KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoApa Itu Anosmia?

KOMPAS.com - Kasus infeksi virus corona di Indonesia saat ini mencapai 278.722 kasus positif. Semakin hari jumlahnya masih terus bertambah. 

Sementara itu, mereka yang terinfeksi sebagian besar tidak menunjukkan gejala, meskipun banyak juga yang merasakan gejala virus corona.

Demam, batuk kering, dan kelelahan merupakan gejala umum seseorang yang terinfeksi virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit Covid-19.

Gejala lain yang juga kerap dirasakan banyak pasien Covid-19 adalah hilangnya kemampuan indera perasa (lidah) dan penciuman (hidung).

Kehilangan kemampuan perasa disebut dysgeusia, dan hilangnya kemampuan penciuman ini disebut anosmia.

Mengutip ABC, (25/9/2020), American Academy of Otolaryngology Head and Neck Surgery melaporkan, bukti anektodal yang terkumpul dari situs-situs di seluruh dunia menunjukkan bahwa anosmia dan dysgeusia menjadi gejala signifikan Covid-19.

Pada kasus khusus, anosmia terjadi pada pasien positif Covid-19 tanpa gejala lainnya.

 

Nah, berikut ini penjelasan mengenai gejala virus corona Anosmia yang ditampilkan melalui infografik:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Apa Itu Anosmia?


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X