Melihat Bagaimana Korea Selatan Bisa Mengatasi Virus Corona

Kompas.com - 28/09/2020, 21:09 WIB
Seorang petugas medis membawa kipas angin portable untuk menyejukkan diri di tengah panasnya cuaca, saat melakukan tes Covid-19 ke para polisi di Kantor Polisi Metropolitan Seoul, Korea Selatan, pada Rabu (19/8/2020). AP/AHN YOUNG-JOONSeorang petugas medis membawa kipas angin portable untuk menyejukkan diri di tengah panasnya cuaca, saat melakukan tes Covid-19 ke para polisi di Kantor Polisi Metropolitan Seoul, Korea Selatan, pada Rabu (19/8/2020).

KOMPAS.com – Cara Korea Selatan mengatasi pandemi virus corona Covid-19 banyak menjadi sorotan.

Negara itu kini seolah telah menemukan cara mengenai mengatasi masalah virus yang telah menginfeksi lebih dari 33 juta penduduk dunia tersebut. 

Mengutip dari The Wall Street Journal, solusinya adalah cara yang lugas, fleksibel dan relatif mudah untuk diaplikasikan.

Korea Selatan kini hanya memiliki 77 kasus infeksi harian Covid-19. Padahal negara tersebut sempat mengalami awal pandemi di waktu yang hampir bersamaan dengan AS.

AS saat ini memiliki sekitar 490 kasus harian.

Baca juga: Hari Hak untuk Tahu, Bagaimana Sejarah dan Penerapan di Indonesia?

Mengendalikan penularan virus

Korea Selatan disebut-sebut bisa menghentikan penularan virus lebih baik dibandingkan negara kaya lainnya. Kemampuannya sekitar dua kali lebih efektif daripada AS dan Inggris.

Menurut laporan baru-baru ini dari jaringan penelitian yang berafiliasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, ekonomi Korea Selatan diperkirakan bahkan akan turun hanya 0,8 persen pada tahun ini.

Ini adalah penurunan terbaik jika dibandingkan perkiraan negara lain.

Adapun kunci kesuksesan Korea Selatan sendiri berasal dari pencampuran antara teknologi dan pengujian yang berbeda dengan negara lain, kontrol dan komunikasi terpusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X