Vitamin D Disebut Bisa Kurangi Infeksi Parah Pasien Corona, Benarkah?

Kompas.com - 28/09/2020, 16:42 WIB
Ilustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19. SHUTTERSTOCK/AlrandirIlustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19.

KOMPAS.com – Hubungan antara vitamin D dan Covid-19 telah diselidiki oleh sejumlah peneliti yang mempertanyakan mengenai bagaimana vitamin tersebut memberikan efek kepada pasien Covid-19.

Melansir dari Insider, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi vitamin D berhubungan dengan rendahnya hasil buruk pasien Covid-19 seperti pingsan, sulit bernapas dan kematian.

Penelitian tersebut juga menunjukkan pada orang dewasa di atas 40 tahun, vitamin D dapat mengurangi risiko kematian pada penyintas virus corona hingga 50 persen.

Baca juga: Bagaimana Matahari Membantu Tubuh Membuat Vitamin D?

Penelitian

Penelitian tersebut diterbitkan di Jurnal Plus One pada 25 September 2020.

Praktiknya, peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston dan Studi Medis Universitas Teheran mengambil sampel darah pada 235 pasien yang tengah dirawat Rumah Sakit Sina Teheran, Iran.

Para peneliti kemudian melacak hasil dan menganalisa darah mereka guna mengetahui kadar vitamin D serta melihat penanda peradangan dan limfosit, sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

Hasilnya mereka menemukan bahwa pasien dengan vitamin D yang cukup maupun tingkat di atas defisiensi klinis, cenderung tak mengalami infeksi parah dan kesulitan bernapas.

Selain itu, mereka juga kurang rentan terhadap badai sitokin, respon imun agresif yang terkait dengan peradangan tingkat tinggi yang dapat mematikan.

Secara keseluruhan, pasien dengan vitamin D yang cukup lebih mungkin bertahan hidup.

Terutama berlaku bagi pasien di atas 40 tahun dengan 50 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal jika memiliki tingkat vitamin D yang memadai.

Baca juga: Banyak Orang Indonesia Kekurangan Vitamin D, Kenali Faktor Risikonya

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X