Sosok Amy Coney Barrett, Calon Hakim Agung AS yang Diusulkan Trump

Kompas.com - 28/09/2020, 14:40 WIB
Hakim Amy Coney Barrett berbicara setelah Presiden Donald Trump mengumumkan Barrett sebagai calonnya di Mahkamah Agung, di Rose Garden di Gedung Putih, Sabtu, 26 September 2020, di Washington. AP/Alex BrandonHakim Amy Coney Barrett berbicara setelah Presiden Donald Trump mengumumkan Barrett sebagai calonnya di Mahkamah Agung, di Rose Garden di Gedung Putih, Sabtu, 26 September 2020, di Washington.

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump resmi mencalonkan Amy Coney Barrett sebagai Hakim Agung AS, Sabtu (26/9/2020).

Sebelumnya, jabatan itu diisi oleh Ruth Bader Ginsburg yang meninggal dunia karena kanker pekan lalu.

"Ini (Barrett) adalah nominasi ketiga saya setelah hakim (Neil) Gorsuch dan hakim (Brett M) Kavanaugh, dan ini merupakan momen yang sangat membanggakan," kata Trump.

"Saya telah memperhatikan dan mempelajari, Anda sangat punya kualifikasi untuk posisi ini. Anda akan menjadi sangat fantastis," lanjutnya.

Lantas, siapakah Amy Coney Barrett?

Baca juga: Dicalonkan Trump Jadi Hakim Agung, Siapa Amy Coney Barrett?

Mantan jaksa Pengadilan Banding

Dikutip dari Aljazeera, Sabtu (26/9/2020), Barret merupakan lulusan Notre Dame Law School, AS.

Ia sempat bekerja di sebuah firma hukum swasta di Washington selama tiga tahun sebelum kembali ke Notre Dame pada 2020 untuk mengajar.

Barrett tinggal di South Bend, Indiana, bersama suaminya Jesse M Barret, mantan jaksa federal yang sekarang bekerja di sebuah perusahaan swasta.

Nama Barret mulai banyak dikenal publik pada 2017 ketika diangkat sebagai hakim di Pengadilan Banding AS.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X