Ini Cara Sukses Vietnam Melandaikan Kurva Gelombang Kedua Virus Corona

Kompas.com - 27/09/2020, 15:30 WIB
Dalam foto yang diambil di ibu kota Vietnam, Hanoi, orang-orang yang baru dari Da Nang mendapatkan tes Covid-19 setelah terjadi lonjakan kasus di sana. Getty Images via BBC IndonesiaDalam foto yang diambil di ibu kota Vietnam, Hanoi, orang-orang yang baru dari Da Nang mendapatkan tes Covid-19 setelah terjadi lonjakan kasus di sana.

KOMPAS.com - Vietnam disebut-sebut menjadi salah satu negara yang berhasil mengendalikan penularan virus corona. Bahkan untuk kedua kalinya.

Lebih dulu dibandingkankan Indonesia, Vietnam melaporkan kasus pertama virus corona di awal bulan Januari. Namun Vietnam baru melaporkan korban pertama yang meninggal karena Covid-19 di akhir Juli. 

Gelombang pertama Covid-19 di Vietnam berakhir di pertengahan April dan kasus infeksi terus melandai sampai muncul gelombang kedua di pekan ketiga Juli. 

Namun mereka kembali dapat mengendalikannya di akhir Agustus. 

 

Saat ini dilaporkan lebih dari dua pekan Vietnam tidak mencatatkan penambahan kasus baru Covid-19 melalui transmisi komunitas.

Bahkan, kota Da Nang di Vietnam, yang sempat melaporkan lebih dari 550 kasus pada akhir Juli lalu, kini telah melonggarkan hampir semua pembatasan yang diberlakukan pada aktivitas masyarakat.

Baca juga: Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi, RI Diminta Tiru Vietnam

Dilasir dari ABC News, hingga hari ini, negara berpopulasi 95 juta jiwa itu hanya mencatat total kasus positif Covid-19 sebanyak 1.068 kasus, atau hampir sama dengan negara bagian Queensland, Australia.

Di sisi lain, negara Asia Tenggara itu melaporkan, hanya 35 orang yang meninggal dunia akibat Covid-19, lebih rendah dari angka kematian di negara bagian New South Wales, Australia.

Grafik kasus harian infeksi virus corona di Vietnam. Mereka sukses mengendalikan serangan gelombang keduascreenshoot Grafik kasus harian infeksi virus corona di Vietnam. Mereka sukses mengendalikan serangan gelombang kedua

Bagaimana Vietnam bisa melakukannya?

Sejak awal pandemi, Pemerintah Vietnam bergerak cepat dan tegas untuk menghadapi ancaman virus corona, SARS-CoV-2.

Halaman:

Sumber ABC News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X