Kisah Menarik di Balik Album Ikonik The Beatles Abbey Road

Kompas.com - 26/09/2020, 10:45 WIB
Tangkapan layar unggahan di Instragram Abbey Road Studio screenshootTangkapan layar unggahan di Instragram Abbey Road Studio

KOMPAS.com - Salah satu album ikonik dari grup band asal Liverpool, Inggris The Beatles adalah album terakhir mereka yang berjudul Abbey Road

Sampul album ini menampilkan empat personel grup band ini sedang menyebang jalan di zebra cross. 

Namun siapa sangka, konsep sederhana foto yang diambil lebih dari setengah abad itu menjadi sangat melegenda. 

Ya, hari ini, 26 September 51 tahun lalu, tepatnya 26 September 1969, album Abbey Road dirilis ke publik. 

Dilansir dari situs The Beatles, Abbey Road menjadi album yang ikonik lantaran untuk pertama kalinya di album Beatles, sampul depan tidak memuat nama grup atau judul album.

Namun hanya foto yang diambil saat melintasi zebra cross di dekat pintu masuk studio di London, Inggris pada 8 Agustus 1969 itu.

Baca juga: Mengenal Iain Macmillan, Fotografer di Balik Foto Ikonik The Beatles di Abbey Road

Tak lama setelah dirilis, Abbey Road memasuki chart album Inggris dengan urutan teratas pada Oktober dan bertahan selama 17 minggu di chart.

Selain itu, album ini juga disukai di AS. Abbey Road nampang 11 minggu di urutan pertama selama grafik awal bertahan 83 minggu dalam chart.

Seperti apa kisahnya?

 

Melansir Radiox, saat sesi rekaman untuk album ini berakhir, keempat personel The Beatles yaitu John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr membahas judul untuk rekaman itu.

Salah satu ide yang disampaikan yakni "Everest", karena terinspirasi dari rokok yang diisap oleh insinyur Geoff Emerick selama sesi membahas judul rekaman itu.

Kemudian, terpintas ide, jika judul "Everest" yang diambil maka foto sampul album berada di kaki bukit Himalaya untuk mengilustrasikan judulnya.

Lalu, mereka menggantinya dengan ide yang lebih mudah. Lahirlah judul Abbey Road.

Abbey Road ialah sebuah jalan kecil yang terletak di London utara.

Jalan ini bermula dari Kilburn dan berakhir di persimpangan dengan Grove End Road dan Garden Road.

Abbey Road Studios milik EMI terletak di ujung tenggara, di 3 Abbey Road, St John's Wood.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X