Facebook Hapus 3 Jaringan asal Rusia, Diduga Intervensi Pemilu AS

Kompas.com - 26/09/2020, 09:10 WIB
Ilustrasi Facebook The telegraphIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Facebook menghapus tiga jaringan terpisah asal Rusia yang diduga punya keterkaitan dengan intervensi pemilihan umum di Amerika Serikat (AS).

Tiga jaringan tersebut melanggar kebijakan Facebook terhadap campur tangan asing atau pemerintah yang merupakan perilaku tidak autentik terkoordinasi (coordinated inauthentic behavior/CIB) atas nama entitas asing atau pemerintah.

Di setiap jaringan, orang-orang di balik aktivitas ini berkoordinasi satu sama lain dan menggunakan akun palsu.

"Jaringan yang kami umumkan hari ini menargetkan banyak negara di seluruh dunia dan memiliki pengikut yang sangat terbatas secara global pada saat terjadi disrupsi," tulis Facebook, Kamis (24/9/2020).

Sebagian besar aktivitas mereka berfokus pada dua hal. Pertama, menciptakan entitas dan persona media fiktif atau yang tampak independen untuk merangkul individu guna memperkuat konten mereka.

Kedua, mereka mengarahkan orang ke situs web lain yang dikendalikan operasi ini.

"Serupa dengan jaringan berbasis Rusia yang kami hapus pada Agustus lalu, operasi ini bekerja di banyak layanan internet dan berusaha untuk mempekerjakan kontributor dan menyebarkan cerita mereka kepada organisasi berita," kata Facebook.

Untuk mengantisipasi jaringan ini melakukan penipuan dengan target jurnalis dan tokoh masyarakat, Facebook lantas menghapus jaringan ini. Penghapusan jaringan ini juga langkah Facebook dalam mengantisipasi terjadinya operasi peretasan dan kebocoran.

Peretasan dan kebocoran diartikan sebagai pencurian informasi sensitif yang kadang dimanipulasi dan dirilis untuk mempengaruhi debat publik.

"Ini salah satu ancaman yang sangat kami fokuskan dan khawatirkan jelang pemilihan umum November di AS," ujar Facebook.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X