Perjuangan Manusia Terberat di Dunia 2017 Sembuh dari Covid-19...

Kompas.com - 25/09/2020, 06:31 WIB
Juan Pedro Franco berolahraga dengan pedal sepeda yang dimodifikasi  di rumahnya, di Guadalajara, negara bagian Jalisco, Meksikp, pada Sabtu (17/2/2018). (AFP/Ulises Ruiz)
Juan Pedro Franco berolahraga dengan pedal sepeda yang dimodifikasi di rumahnya, di Guadalajara, negara bagian Jalisco, Meksikp, pada Sabtu (17/2/2018). (AFP/Ulises Ruiz)

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona di dunia telah mencapai 32 juta kasus hingga Kamis (24/9/2020) malam.

Jumlah korban jiwa akibat virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 tersebut juga telah mencapai 983.040.

Virus yang disebut menyebar pertama kali di Kota Wuhan, China tersebut juga tidak pandang bulu. Pejabat, artis, atlet hingga masyarakat luas juga terinfeksi virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Baru-baru ini, mantan orang terberat di dunia versi Guinness World Records 2017 Juan Pedro Franco dari Meksiko berhasil mengalahkan virus corona.

Franco dahulu memiliki berat 595 kilogram atau lebih dari berat rata-rata beruang kutub jantan.

Baca juga: Obesitas dan Tingginya Angka Kematian akibat Virus Corona di AS...

Miliki riwayat penyakit

Namun, kini pria yang berusia 36 tahun itu memiliki berat sekitar 208 kilogram.

Franco memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit paru obstruktif kronis yang membuat perjuangannya melawan virus itu menjadi sangat melelahkan.

"Ini penyakit yang sangat agresif. Saya mengalami sakit kepala, nyeri tubuh, sesak napas, demam. Saya adalah orang yang sangat berisiko tinggi," kata Franco kepada AFP dikutip dari France 24, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Temukan Kelemahan Virus Corona, Peneliti Inggris Optimistis Pengembangan Obat Covid-19 Berhasil

Dia meyakini, upayanya menjaga kesehatan dan berat badan lewat diet, olahraga, dan operasi telah membantunya bisa bertahan hidup.

Karena tanpa upaya itu, maka kondisi diabetes serta hipertensi yang tidak terkendali mungkin akan memperparah gejala infeksi Covid-19.

Halaman:

Sumber AFP,France24
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X