Migrant Care: Keberanian Parti Liyani Jadi Inspirasi untuk Melawan Impunitas

Kompas.com - 24/09/2020, 19:06 WIB
Parti Liyani ST PHOTO/KELVIN CHNGParti Liyani

KOMPAS.com – Kasus Tenaga Kerja Indonesia ( TKI) di Singapura, Parti Liyani, menarik perhatian publik.

Ia menang dalam kasus melawan majikannya, Liew Mun Leong, yang memimpin sejumlah perusahaan besar di Singapura.

Setelah memenangi kasus ini, mengutip The Strait Times, Rabu (23/9/2020), Parti melalui kuasa hukumnya Anil Balchandani meminta izin pengadilan untuk mengajukan gugatan disipliner kepada dua jaksa yang menuntutnya bersalah saat kasus di sidangkan di tingkatan Pengadilan Negara.

Kasus Parti adalah sesuatu yang jarang terjadi. Sebagai buruh migran, kasusnya diibaratkan David melawan Goliath.

Berkaca dari langkah yang dilakukan Parti, Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah mengatakan, seluruh pekerja migran seharusnya memang memprioritaskan jalur dan proses hukum untuk memperjuangkan keadilan atas kasus-kasus yang tengah dihadapi.

“Keberanian Parti Liyani dan Erwiana (2018 di Hongkong) yang menang melawan majikan mesti jadi inspirasi dan contoh untuk melawan impunitas,” kata Anis saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/9/2020).

Baca juga: TKI Parti Liyani Gugat Jaksa yang Tuntut Dia Bersalah

Ia mengatakan, ada sejumlah langkah yang dapat diambil jika seorang TKI mendapatkan masalah dengan majikannya.

Langkah tersebut yakni:

  • Melapor kepada polisi setempat
  • Perwakilan RI di negara tempatnya bekerja
  • Non Governmnet Organization (NGO) setempat
  • Berbagi dengan keluarga Indonesia

Jika keluarga mengetahui adanya tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan majikan terhadap keluarganya saat bekerja di luar negeri, maka keluarga bisa melakukan pelaporan kepada Pemerintah Indonesia.

Anis mengatakan, belajar dari kasus Parti Liyani, maka menjadi penting untuk meningkatkan literasi hukum bagi pekerja migran.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X