Mengenang 24 Tahun Meninggalnya Pencipta Doraemon, Bagaimana Perjalanannya?

Kompas.com - 23/09/2020, 10:21 WIB
Berbagai macam karakter ciptaan Hiroshi Fujimoto diwujudkan dalam bentuk-bentuk kreatif yang menggugah kenangan pengunjung Museum Fujiko F. Fujio di Kota Kawasaki, Jepang. KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWIBerbagai macam karakter ciptaan Hiroshi Fujimoto diwujudkan dalam bentuk-bentuk kreatif yang menggugah kenangan pengunjung Museum Fujiko F. Fujio di Kota Kawasaki, Jepang.

KOMPAS.com - Hari ini 24 tahun yang lalu, tepatnya 23 September 1996, pembuat karakter Doraemon meninggal dunia. Dia adalah Fujiko F Fujio.

Fujiko merupakan seorang kartunis atau pembuat komik. Dirinya dikenal dunia setelah membuat Doraemon, robot kucing ajaib yang popularitasnya di Jepang sebanding dengan Mickey Mouse.

Nama aslinya adalah Hiroshi Fujimoto. Dilansir Reuters, 23 September 1996, Fujiko meninggal di rumah sakit pada usia 62 tahun karena gangguan fungsi hati.

Saat meninggal, dia meninggalkan istrinya, Masako, dan tiga putri.

Dikutip Anime News Network, Fujiko lahir pada 1 Desember 1933. Tempat asalnya di Takaoka, Toyama, Jepang.

Dilansir IGN, Rabu 2 Oktober 1996, Fujiko dianggap sebagai salah satu seniman manga terhebat dalam sejarah Jepang.

Baca juga: Kapan Doraemon Lahir dan Mengapa Berwarna Biru?

Kartun Fujiko berperan besar pada pengetahuan populer Jepang bertahun-tahun lalu, dan masih digemari hingga saat ini.

Karya-karyanya antara lain Doraemon (Ding-Dong dalam bahasa Cina), Paaman, Kaibutsu Kun, Obake no Q-tarou, Kiteretsu Daihyakka, hingga Ninja Hattori-kun.

Dimulai dari SD

Mengutip IMDB, awal perjalanan karirnya adalah saat dia bertemu dengan Abiko Motoo saat duduk di kelas 5 sekolah dasar. Dia terkesan dengan kecerdasan dan gaya penulisan cerita Abiko.

Kemudian mereka mulai menggambar komik bersama-sama, meski saat itu baru sekadar hobi. Namun ternyata itu berlangsung hingga 40 tahun ke depan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X