Demonstrasi Besar di Thailand, 30.000 Orang Turun ke Jalan

Kompas.com - 20/09/2020, 19:21 WIB
Para pengunjuk rasa pro-demokrasi melakukan salam tiga jari ketika mereka menghadiri demonstrasi untuk menuntut pemerintah mundur, membubarkan parlemen dan mengadakan pemilihan baru di bawah konstitusi yang direvisi, di kampus Rangsit Universitas Thammasat di luar Bangkok, Thailand Agustus 10, 2020. REUTERS/CHALINEE THIRASUPAPara pengunjuk rasa pro-demokrasi melakukan salam tiga jari ketika mereka menghadiri demonstrasi untuk menuntut pemerintah mundur, membubarkan parlemen dan mengadakan pemilihan baru di bawah konstitusi yang direvisi, di kampus Rangsit Universitas Thammasat di luar Bangkok, Thailand Agustus 10, 2020.

KOMPAS.com – Sekitar 30.000 orang melakukan unjuk rasa di Bangkok, Thailand, pada Sabtu (19/9/2020).

Melansir dari Strait Times, unjuk rasa memprotes pemerintah itu merupakan unjuk rasa terbesar yang terjadi selama pandemi virus corona.

Unjuk rasa  dipimpin oleh mahasiswa yang bergabung dalam kelompok mahasiswa United Front of Thammasat and Demonstration (UFTD) serta para aktivis politik.

Mereka berkumpul dan bermalam di Sanam Luang, lapangan di sebelah Grand Palace yang biasanya dipakai untuk acara resmi kerajaan.

CNN memberitakan, aksi protes ini bagian dari aksi-aksi yang telah dimulai pada Juli 2020.

Para mahasiswa turun ke panggung untuk berbicara langsung kepada Raja Thailand Vajiralongkorn.

Mereka memprotes pemerintahan koalisi yang dipimpin oleh Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha yang dinilai untuk memperkuat pengaruh kaum royalis.

Tindakan semacam ini sejatinya adalah hal tabu di Thailand. Di bawah peraturan undang-undangan, tindakan semacam ini dapat dianggap mencemarkan monarki dan dapat dihukum selama 15 tahun.

Akan tetapi, para demonstran tetap melakukan aksinya.

Baca juga: Tantang Raja Thailand, Pengunjuk Rasa Pasang Plakat Negara Milik Rakyat

Aksi duduk

Para demonstran melakukan aksinya dengan duduk dalam waktu lama. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X