Baru Sembuh dari Covid-19, Atlet Disarankan Tak Langsung Turun ke Lapangan, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 20/09/2020, 15:03 WIB
Paul Pogba tampak bersyukur seusai laga Manchester United vs Huddersfield Town dalam pertandingan boxing day Liga Inggris di Stadion Old Trafford, 26 Desember 2018. AFP/OLI SCARFFPaul Pogba tampak bersyukur seusai laga Manchester United vs Huddersfield Town dalam pertandingan boxing day Liga Inggris di Stadion Old Trafford, 26 Desember 2018.

KOMPAS.com - Para atlet yang pulih dari Covid-19 direkomendasikan untuk tidak langsung turun ke lapangan permainan.

Melainkan, para penyintas Covid-19 tersebut disarankan untuk melakukan pemeriksaan pada jantung mereka terlebih dahulu.

Hal itu dilakukan bukannya tanpa alasan.

Melansir CNN, Jumat (18/9/2020), sebuah studi kecil yang dilakukan para peneliti di Ohio State University mempelajari dampak Covid-19 pada atlet.

Dari studi itu, ditemukan adanya peradangan otot jantung atau miokarditis yang dialami beberapa atlet penyintas Covid-19.

Untuk diketahui, beberapa atlet penyintas Covid-19 salah satunya yakni gelandang andalan Setan Merah, Manchester United, Paul Pogba.

Pemain berkebangsaan Perancis ini sempat divonis positif Covid-19, namun tak perlu waktu lama, dia berhasil sembuh.

Baca juga: Bek Persik Andri Ibo Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Ada yang menunjukkan peradangan otot jantung

Para peneliti di Ohio State University menemukan bahwa dalam gambar resonansi magnetik jantung atau MRI terhadap 26 atlet profesional yang baru pulih dari Covid-19, empat di antaranya menunjukkan gejala miokarditis.

Sebanyak 12 atlet dilaporkan mengalami gejala menengah seperti sakit tenggorokan, sesak napas, dan demam. Sementara sisanya tak menunjukkan gejala apa pun.

Para peneliti melakukan tes MRI jantung pada 26 atlet itu pada rentang waktu Juni-Agustus 2020. Mayoritas dari mereka merupakan atlet sepak bola, basket, dan atletik.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X