Update Kartu Prakerja Gelombang 9: Kuota 800.000, Pendaftar 4,3 Juta Orang

Kompas.com - 20/09/2020, 07:32 WIB
Melalui Kartu Prakerja, harapan untuk memerdekakan angkatan pra kerja dari inkompetensi dapat segera terwujud. Ke depan, program tersebut dapat menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan baru. Kompas.comMelalui Kartu Prakerja, harapan untuk memerdekakan angkatan pra kerja dari inkompetensi dapat segera terwujud. Ke depan, program tersebut dapat menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan baru.

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 9 masih berlangsung sejak dibuka pada Kamis (17/9/2020).

Sama seperti gelombang sebelumnya, kuota untuk Kartu Prakerja gelombang 9 berjumlah 800.000 orang.

Setelah dua hari pendaftaran, berapa jumlah pendaftar Kartu Prakerja gelombang 9?

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, hingga Sabtu (19/9/2020), pendaftar Kartu Prakerja gelombang 9 mencapai 4,3 juta orang.

"Hingga saat ini pendaftar gelombang 9 sudah mencapai 4,3 juta," ujar Louisa saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/9/2020). 

Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi melalui SMS yang dikirimkan oleh penyelenggara.

Peserta penerima Kartu Prakerja juga akan memperoleh Nomor Kartu Prakerja untuk mengikuti pelatihan yang diinginkan.

Baca juga: Status 180.000 Peserta Kartu Prakerja Dicabut, Bakal Jadi Kuota Baru atau Hangus?

Pencabutan kepesertaan

Sementara itu, dalam penyaluran bantuan pemerintah melalui program Kartu Prakerja, pendaftar yang lolos sebaiknya memahami adanya aturan pencabutan kepesertaan.

Louisa mengungkapkan,  ada 180.000 peserta yang dicabut kepesertaannya karena tidak segera melakukan pembelian pelatihan.

"Pencabutan kepesertaan diatur dalam Permenko 3 Tahun 2020 dan Permenko 11 Tahun 2020. Yaitu, apabila dalam 30 hari pasca menerima Kartu Prakerja belum memanfaatkannya untuk membeli pelatihan," ujar Louisa.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X