Ini 15 Tanaman Hias yang Tak Beracun Bagi Hewan Peliharaan

Kompas.com - 20/09/2020, 07:01 WIB
Ilustrasi kemangi shutterstockIlustrasi kemangi

KOMPAS.com - Meski tanaman hias memiliki kemampuan untuk menambah keindahan dan warna pada ruangan, banyak spesies dapat menjadi racun bagi hewan peliharaan.

Dilansir Better Homes and Gardens pada 8 Mei 2020, ada 15 spesies tanaman hias yang aman untuk hewan peliharaan, khususnya bagi kucing dan anjing.

Berikut ini 15 tanaman hias yang ramah bagi hewan peliharaan:

1. Violet Afrika (African Violet)

Tanaman hias ini menghasilkan bunga berwarna ungu dan merah muda. Sesuai namanya, tanaman ini berasal dari Afrika.

Perawatannya mudah dan dapat tumbuh subur tanpa banyak cahaya. Tanaman hias berbunga ini tingginya kurang dari 12 inci (30 cm).

Tips untuk merawat Violet Afrika, jaga kelembapan tanah dan biarkan air menyerap melalui lubang drainase pot untuk menghindari kerusakan daun serta kelopak bunga.

Baca juga: 5 Tanda Tanaman Hias Terlalu Banyak Disiram Air

2. Tillandsia (Air Plant)

Varietas tanaman Tillandsia ramah untuk hewan peliharaan dan tidak sulit menanamnya. Perawatannya mudah, karena tanaman itu tidak butuh tanah sebagai media tanamnya.

Sebagian tanaman Tillandsia tingginya kurang dari 12 inci (30 cm) dan juga tumbuh subur dalam cahaya terang. Penyiramannya tiap seminggu sekali.

Meski begitu kucing dan anjing akan melihat daunnya yang kecil seperti rumput dan biasanya tergoda untuk mengunyahnya. Jadi sebaiknya mereka dijauhkan dari tanaman.

3. Tanaman Aluminium (Pilea cadierei)

Tanaman hias ini daunnya berwarna abu-abu dan hijau membuatnya menjadi tanaman hias yang menarik dan aman untuk hewan peliharaan.

Seperti dua tanaman sebelumnya, tanaman ini tingginya juga tidak lebih dari 12 inci (30 cm). Tanaman dapat tumbuh dengan cahaya sedang hingga rendah, dan hanya membutuhkan air ketika tanah kering.

Karena ia mentolerir cahaya redup, Anda bisa menumbuhkannya hampir di mana pun yang di luar jangkauan teman berbulu Anda.

4. Kaktus Natal (Schlumbergera bridgessii)

Kaktus Natal atau atau Christmas Cactus tidak beracun untuk Anda tempatkan di rumah dan aman bagi kucing serta anjing yang mendekat. Tapi jangan biarkan kucing atau anjing memakannya.

Secara keseluruhan itu adalah pilihan yang lebih aman daripada banyak tanaman meriah lainnya. Tinggi Kaktus Natal juga tidak lebih dari 12 inci (30 cm) dan dapat tumbuh hingga 2 kaki (60 cm).

Kaktus Natal bisa tumbuh dengan baik jika disiram teratur dan dengan cahaya terang, tapi bukan terpapar cahaya langsung.

5. Beberapa varietas Pakis

Mengidentifikasi pakis bisa jadi sedikit rumit, karena ada beberapa tanaman dengan kata "pakis" di namanya yang sebenarnya bukan bagian dari keluarga pakis.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X