Viral, Cerita Seorang Pasien Covid-19 yang Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

Kompas.com - 19/09/2020, 13:45 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19, pasien virus corona, isolasi mandiri Shutterstock/KhosroIlustrasi pasien Covid-19, pasien virus corona, isolasi mandiri

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang mengisahkan perjalanan seorang pasien sebelum dan sesudah divonis Covid-19 viral di media sosial.  

Unggahan tersebut dibagikan oleh akun Facebook Raflin Hudallah di grup Facebook Motuba pada Jumat (18/9/2020) sekitar pukul 01.19 WIB.

Dalam unggahannya tersebut, Raflin bercerita mulai dari sehari sebelum divonis terinfeksi Covid-19 hingga perjalanannya menjalani isolasi mandiri.

Raflin pun menceritakan bahwa dia dan keluarganya sempat dijauhi oleh tetangga karena takut terpapar Covid-19. Namun, ada pula yang memberikan dukungan moril.

Baca juga: Kisah Pejabat Kominfo, Tertular Covid-19 Setelah Bertemu Koleganya Selama 20 Menit

Bagaimana cerita Raflin?

Ikut tes swab dari kantor

Kompas.com menghubungi Raflin Hudallah untuk mengonfirmasi cerita yang dibagikannya.

Ia mengisahkan, awalnya, pada 31 Agustus 2020, Raflin dan rekan-rekannya mengikuti tes swab yang diadakan oleh kantornya di salah satu rumah sakit umum daerah (RSUD).

Saat itu, dia mengaku tak memiliki keluhan atau gejala apa pun.

"Ya saat itu badan saya seperti hari-hari biasanya. Enggak ada sakit atau keluhan apa-apa," kata Raflin saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/9/2020).

Setelah melakukan tes swab, lanjut Raflin, ia langsung bergegas pulang dengan menggunakan sepeda motornya.

Sesampainya di rumah, ia mencopot masker dan langsung mencuci muka, cuci tangan di keran air yang telah disiapkannya sejak sebelum terjadi pandemi Covid-19.

"Begitu selesai, saya masuk rumah dan langsung disambut dua anak saya yang masih kecil-kecil. Anak saya yang kedua juga minta gendong seperti biasanya saat saya pulang," ujar Raflin.

"Saya juga langsung gendong aja, seperti enggak ada apa-apa. Setiap malam saya juga selalu tidur dengan anak-anak saya," kata dia.

Baca juga: Kisah Pasien Covid-19 yang Alami Happy Hypoxia: Pneumonia Saya Jadi Lebih Berat

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X