Sejumlah Negara Arab Mulai Berdamai dengan Israel, Bagaimana Nasib Palestina?

Kompas.com - 19/09/2020, 12:07 WIB
Palestina Shutterstock/DIY13Palestina

KOMPAS.com - Uni Emirat Arab dan Bahrain secara resmi membuka hubungan diplomatik dengan Israel beberapa waktu yang lalu.

Normalisasi hubungan keduanya ini menyusul Mesir dan Yordania yang terlebih dahulu menjalin kesepakatan damai masing-masing pada 1979 dan 1994.

Tak hanya UEA dan Bahrain, tiga negara Timur Tengah lain disebut akan menyusul langkah tersebut.

Perdana Menteri Palestina Muhammad Shtayyeh menganggap normalisasi UEA dan Bahrain dengan Israel sebagai kekalahan bagi Liga Arab yang kini semakin terpecah.

Para pejabat Palestina juga umumnya memprotes kesepakatan itu sebagai hal yang memalukan dan menodai perjanjian damai 2002 yang diprakarsai oleh Arab Saudi.

Lantas, bagaimana nasib kemerdekaan Palestina, seiring kesepakatan damai sejumlah negara Arab itu?

Baca juga: Normalisasi Hubungan UEA-Bahrain dengan Israel Tak Pengaruhi Sikap Indonesia terhadap Palestina

Posisi Palestina semakin sulit

Guru Besar Kajian Timur Tengah Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Ibnu Burdah, MA, mengatakan, posisi Palestina untuk mencapai kemerdekaan semakin sulit dengan adanya normalisasi hubungan itu.

"Jadi posisi Palestina ini semakin sulit, apalagi langkah negara-negara arab ini terbilang egois," kata Burdah saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Meski UEA menganggap normalisasi itu sebagai upaya untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina, Burdah menganggap negara itu tak akan mampu mendikte Israel.

Menurut dia, selama ini proses negosiasi biasanya melibatkan Amerika Serikat, PBB, Rusia, dan Uni Eropa.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X