China Larang Produk Laut dari Eksportir Indonesia Setelah Ditemukan Virus Corona

Kompas.com - 19/09/2020, 11:15 WIB
Ilustrasi aneka hidangan laut PexelsIlustrasi aneka hidangan laut

KOMPAS.com - China melarang perusahaan pengekspor makanan laut ( seafood) asal Indonesia mengirim produknya ke China. 

Melansir Straits Tims, Jumat (18/9/2020), larangan ini diberlakukan setelah paket produk tersebut dikonfirmasi positif mengandung virus corona.

China pun akan menangguhkan impor produk-produk laut dari salah satu perusahaan, selama seminggu setelah penemuan partikel virus corona dalam paket atau kemasan produk ikan layur beku.

Partikel virus ditemukan petugas

Temuan terkait partikel virus ini dilaporkan oleh petugas dalam sebuah pernyataan baru-baru ini. 

Perusahaan yang berbasis di Sumatera Utara ini tidak memberikan komentar lebih lanjut terkait temuan pada produknya tersebut. 

Perlu diketahui, pemberlakuan larangan ini bukan yang pertama kali terjadi.

Otoritas China telah melakukan investigasi pada produk-produk impor, termasuk daging, makanan laut, paket, hingga kontainer yang diyakini dapat menjadi sumber potensial Covid-19 sejak Juni lalu.

Baca juga: Sinovac China Akan Uji Coba Vaksin Virus Corona pada Remaja dan Anak-anak

Sejauh ini, tidak banyak produk yang menunjukkan hasil positif virus corona, yaitu hanya enam dari lebih dari 500.000 sampel yang diuji. 

Sebelumnya, China juga telah melarang impor pada beberapa produk dari negara tertentu seperti daging beku, udang Ekuador, dan sayap ayam dari Brasil.

Pusat pengendalian penyakit lokal menguji sampel yang diambil dari permukaan sayap ayam beku tersebut sebagai bagian dari pemeriksaan rutin pada produk makanan dan hasil laut. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X